Pengin Turing Lebih Kompak? 3 Pejabat Penting Ini Harus Ada
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
KNOWLEDGE
04
Sep
2017

Pengin Turing Lebih Kompak? 3 Pejabat Penting Ini Harus Ada

  7416   0
Formasi turing
Formasi turing

TANGERANG, ME. Bagi bikers atau komunitas motor yang sering turing, mungkin sudah enggak asing lagi dengan istilah-istilah formasi turing. Namun bagi member baru, formasi maupun ‘pejabat’ turing wajib dipahami, biar acara turing makin kompak.

Berikut dijelaskan 3 formasi atau pejabat turing yang bisa dibentuk agar perjalanan jarak jauh bradsis lebih asyik, aman dan kompak. Setiap pengendara dalam kelompok wajib menyadari kemampuan masing-masing. Hal ini penting demi pengaturan formasi dalam kelompok berdasarkan beberapa aspek kunci.

Road Captain
Bertugas menetapkan aturan kelompok. Selain itu juga melakukan survey jalur yang akan dilalui, sekitar semingu sebelum turing dilakukan. Survey bertujuan untuk mengetahui titik-titik rawan, misalnya; jurang, tikungan tajam, titik keramaian, serta kondisi jalan yang berlubang.

Faktor lain yang harus diamati yaitu; tempat istirahat, stasiun SPBU, bengkel dan berbagai tempat penting lainnya. Tugas lain yang menjadi tanggung jawabnya yaitu melakukan kontrol keutuhan anggota. Jika ada yang tertinggal atau tersesat, road captain harus mampu segera membuat keputusan untuk mengambil tindakan yang dapat ditempuh untuk menemukan kembali anggotanya.

Leader
Bikers yang paling berpengalaman dalam kelompok, berhak menduduki posisi ini. Saat turing berlangsung, leader berada di urutan paling depan dan wajib menguasai  berbagai bahasa isyarat bikers.

Leader bertugas menetapkan kecepatan, arah, dan jalur perubahan kelompok. Leader bekerjasama dengan tail gunner yang berada di urutan pailng belakang. Mereka berdua harus kompak. Maka seharusnya dilengkapi dengan perangkat telekomunikasi. Leader memilih tail gunner sebagai pasangannya.

Tail Gunner
Tail Gunner adalah biker yang bertugas menutup konvoi kelompok di bagian paling belakang. Walaupun berada di bagian paling bontot, tail gunner dipilih karena memiliki pengalaman paling mumpuni. Tail gunner bertugas memberi informasi kepada leader, segala sesuatu permasalahan yang dialami oleh anggota yang berada di belakang.

Saat akan masuk jalur atau akan berbelok, tail gunner bertugas mengamankan kelompok dari mobil yang melaju dari arah belakang. Tail gunner biasanya berboncengan dengan seseorang yang bertugas berkomunikasi dengan leader, dengan peralatan telekomunikasi.

Bikers paling junior dan berpengalaman kurang wajib dilindungi oleh bikers yang lebih berpengalaman. Bikers junior biasanya berposisi di tengah.

Text: Teguh Choya,
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Istimewa
  26 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !