Pemerintah Panik Soal Pembatasan Sepeda Motor, GAMPAR Langsung Ajukan Tujuh Tuntutan
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-UPDATE
05
Sep
2017

Pemerintah Panik Soal Pembatasan Sepeda Motor, GAMPAR Langsung Ajukan Tujuh Tuntutan

  2285   0

JAKARTA, ME. Rencanaan perluasan larangan sepeda motor akan memasuki tahap uji coba pada (12/9-11/10) bradsis. Melihat hal tersebut, para bikers yang tergabung di komunitas, club dan masyarakat umum akan melakukan konvoi Gerakan Aliansi Menentang Pembatasan Sepeda Motor (GAMPAR) pada (9/9) di Patung Panahan Senayan - Lapangan IRTI Monas.

Ivan Virnanda selaku ketua Road Safety Association (RSA) Indonesia, mengatakan "Meski tujuan perluasan larangan itu baik, yaitu mengatasi kemacetan dan memaksa warga menggunakan transportasi publik, namun aturan itu tidak dibarengi dengan ketersediaan transportasi publik yang aman, nyaman, selamat, tepat waktu dan terjangkau. Selain itu, aturan itu juga dianggap diskriminatif karena hanya melarang sepeda motor saja."

Lebih lanjut Ivan menilai bahwa kebijakan ini merupakan sikap panik pemerintah yang belum bisa menyediakan transportasi publik, "Larangan ini adalah kebijakan panik dari pemerintah karena tidak sanggup menyediakan transportasi publik yang yang aman, nyaman, selamat, tepat waktu dan terjangkau,” paparnya.

Nantinya RSA akan mengajak para bikers untuk melakukan aksi damai yang bertujuan untuk mengingatkan para pengambil kebijakan agar membatalkan rencana perluasan larangan sepeda motor di Jalan Sudirman – Bundaran Senayan.

Kegiatan ini akan di ikuti 5000 pengguna roda dua, oleh sebab itu Koordinator GAMPAR, Rio meminta pihak kepolisian untuk membantu mengamankan dan mengawal aksi mereka agar tidak menimbulkan ekses bagi pengguna jalan saat aksi konvoi berlangsung nanti.

“Semoga pemprov DKI dapat menerima aspirasi kami para pengguna sepeda motor sebagai pembayar pajak yang juga ikut membangun jalan-jalan di Jakarta,” pungkas Ivan.

GAMPAR akan melakukan orasi dengan 7 tuntutan dan pernyataan;

1. Menghentikan seluruh bentuk informasi yang membuat panik dan tidak solutif, yang justru memperkeruh kondisi masyarakat.

2. Rakyat masih NYAMAN dengan beraktifitas dan mencari pendapatan dengan menggunakan motor,  dibandingkan menggunakan transportasi publik yang karut-marut.

3. Agar Pemerintah MENCABUT Pergub Pemprov DKI Jakarta No. 195 Tahun 2014 dan MEMBATALKAN rencana Penerbitan PERGUB baru perluasan PEMBATASAN SEPEDA MOTOR, hingga adanya naskah akademik yang menunjukkan dasar pertimbangan yg teruji, menghitung dampak ekonomi dan tidak diskriminatif.

4. Wujudkan transportasi publik massal yang aman, nyaman, selamat, tepat waktu, terjangkau, terintegrasi, dan ramah lingkungan.

5. Penuhi ketentuan perundangan akan angkutan alternatif atas pembatasan lalu lintas kendaraan, yakni SPM head way 15 menit pada jam sibuk.

6. Angkutan umum berbasis bahan bakar gas dan Ramah Lingkungan.

7. Angkutan umum dengan syarat usia kendaraan tidak boleh melebihi 10 tahun.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Dok. ME
  31 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !