Cermati 2 Hal Ini Bila Ingin Ganti Bohlam Aftermarket
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-TIPS
17
Sep
2017

Cermati 2 Hal Ini Bila Ingin Ganti Bohlam Aftermarket

  20407   0

JAKARTA, ME. Subtitusi kini menjadi pilihan brad n sis yang kurang puas terhadap terangnya lampu standar pabrikan,  pada motor sport bradsis. Terkadang Penggantian bohlam dengan type H1, H3 dan H4 menjadi jalan pintasnya.

Namun ada beberapa hal yang harus brad n sis cermati sebelum diaplikasi, agar kejadian kabel meleleh atau kerusakan pada beberapa bagian, enggak terjadi.

Panjang kaki

"Jangan salah dalam memilih bohlam, H1 dan H4 mirip sekali, yang membedakan hanya di panjang kaki. Jika salah menggunakan, sewaktu-waktu bisa redup dan pastinya bisa cepat putus terkena fibrasi," ujar Febry Aditya Perdhana, Product Manager PT Osram Indonesia.

Brad n sis juga harus mengetahui batasan kelvin yang cocok untuk loe gunakan. "Untuk sepeda motor lebih cocok di angka 3200 - 4800 Kelvin, kalo 6000 kelvin warna cenderung putih," tambahnya.

Voltase

Selain soket yang harus disesuaikan oleh kaki bohlam, brad n sis juga jangan berlebihan dalam menggunakan ukuran bohlam. "Kegedean voltase (watt) sangat berbahaya untuk kabel dan beberapa bagian lainnya. Lebih baik memilih yang ukurannya sesuai, tetapi memiliki kelebihan seperti salah satu produk Osram, yang mampu bertahan hingga 3000 jam," ujarnya.

Dengan begitu energi yang dibutuhkan sama pada umumnya, tetapi kualitas bohlam yang menentukan bradis. Febry juga menyarankan untuk para konsumen roda dua juga dapat memilih bohlam Osram type all season super yang memiliki warna kuning dan cocok dalam kondisi hujan atau Silverstar yang memiliki pencahayaan lebih terang 50%.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Dok. ME
  266 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !