Langkah Murah Meredam Bunyi Mistis Honda Vario 125 eSP Dan 150 eSP
FDR Tire
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-TIPS
18
Sep
2017

Langkah Murah Meredam Bunyi Mistis Honda Vario 125 eSP Dan 150 eSP

  26644   0

JAKARTA, ME. Brad n sis jangan kaget jika ada suara mistis di bagian spakbor kolong (hugger) Honda Vario 125 eSP dan Honda Vario 150 eSP. Hal ini bisa terjadi mungkin karena ketidak pedulian loe terhadap motor, mulai dari kebersihan hingga baut yang mulai mengendur karena usia pemakaian.

Kejadian ini bisa dirasa saat loe sedang berkendara dengan kecepatan antara 20-30 km/jam. Setelah tim ME lihat dari bentuk dan menanyakan kepada mekanik, ternyata ada cara mudah untuk meminimalisir getaran pada hugger yang terbagi menjadi dua bagian.

“Pada Honda Vario 125 eSP dan 150 eSP terdapat dua bagian, pertama berfungsi sebagai spakbor dan yang satunya untuk penutup agar kotoran tidak mengotori sekeliling inection. Getaran ini timbul karena penguncinya tidak tepat, bisa jadi juga pengunci yang patah atau bisa karena baut yang tidak kencang atau kendor,” ujar Sumarno, Service Advisor AHHAS Serimpi, Jakbar.

Solusinya cukup mudah kok bradsis,

  • Pertama loe cukup menjaga kebersihan di setiap bagian motor, pasalnya di bagian hugger, rawan akan tempat berkumpulnya pasir jalanan.
  •  Kedua adalah melakukan pengencangan pada satu baut yang terletak di sisi kanan hugger. Namun loe harus lebih dulu meletakan pengunci pada lubang-lubang yang tepat.
  • Cara terakhir  adalah dengan menggunakan double tip di beberapa bagian bradsis, pasalnya sewaktu-waktu bagian ini akan dibuka saat service.

Bagaimana mudah kan bradsis, yang pasti di saat loe melakukan pembersihan atau cuci motor, bagian ini bisa loe siram dengan air bertekanan lebih tinggi untuk menghilangkan pasir.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Arbi
  216 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !