Suzuki Satria F150 Member JSC Terbakar, Ini Langkah Antisipasinya
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-TIPS
19
Sep
2017

Suzuki Satria F150 Member JSC Terbakar, Ini Langkah Antisipasinya

  42229   0

Jakarta, ME. Mungkin Brad n sis sudah tahu beritanya dari sosial media, soal Suzuki Satria F150 yang terbakar, akhir pekan lalu. Ternyata tunggangan bebek super ini milik Runang, member Jakarta Satria Club (JSC) yang sudah bore up dan open filter.

Awalnya sekitar jam 11 malam, dimana sebuah klub motor JSC (Jakarta Satria Club) ingin rolling thunder ke arah Monumen Nasional (Monas), Jakarta. Sebelum riding jauh para rombongan selalu isi bahan bakar lebih dulu. Namun, pasca isi bensin salah satu motor member mendapati kobaran api dari bawah tangki bensin.

Waduh! Kok bisa begitu ya? “Kalo yang gue lihat kondisi motor mati (off), pas mau nyalain atau posisi kontak On, langsung keluar api dari bawah tangki. Posisi motor di dekat pintu keluar pom bensin, jadi langsung di geser ke jalanan biar gak menyambar ke nosel pom bensin. Kemungkina ada kabel yang korsleting,” cerita Simon Chester, salah satu member JSC (Jakarta Satria Club) yang berada di lokasi kejadian.

Nah, dari kejadian tersebut kita mendapat pelajaran, bahwa tunggangan kesayangan kita agar selalu dicek semuanya. Tujuannya, selain merawat besutan lebih awet serta bisa terhindar dari korsleting listrik bradsis.

“Ketika posisi kontak On, aki menyalurkan arus listrik ke semua sektor. Lampu di speedometer, koil dan lainnya. Makanya, jika ada kabel yang terkelupas atau longgar dan terkena cairan bensin, bisa menjadi sebuah percikan dan menimbulkan api. Bluup!” papar Choky, mekanik Kenz Motor daerah Duri Kepa, Jakbar.

Masih menurutnya, untuk itu selalu mengecek semua kabel bodi paling gak sebulan sekali. Begitu juga buat yang besutannya open filter, karena dari moncong karbu tersebut juga bisa mengeluarkan api.

Selain itu, usahakan ada tatakan bensin di lubang tangki bahan bakar dan jalur slang pembuangan tersebut menjauh dari kelistrikan atau koil. Tujuannya, biar kalo kepenuhan gak membasahi bagian-bagian mesin atau kabel-kabel. Begitu juga, sambungan kabel diharapkan selalu di cek, jika isolasinya sudah mulai mengelupas, baiknya segera diganti baru atau dilapisin lagi.

"Semoga ini yang terakhir dan jangan sampai teman-teman kejadian hal yang sama. Untuk itu, teman-teman ngecek selalu kondisi motornya. Dari mesin, kaki-kaki sampai kelistrikan, sehingga saat kita turing atau riding sendiri gak terjadi hal-hal yang gak kita inginkan dan lancar sampai tujuan," ungkap Runang, pemilik Satria F150 yang terbakar.

Text: Teguh,
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: istimewa
  303 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !