Enam Langkah Mudah Rawat Dan Kuras Radiator
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
PERAWATAN
22
Sep
2017

Enam Langkah Mudah Rawat Dan Kuras Radiator

  1244   0
Rawat Radiator
Rawat Radiator
Rawat Radiator
Rawat Radiator
Rawat Radiator
Rawat Radiator
Rawat Radiator
Rawat Radiator
Rawat Radiator
Rawat Radiator
Rawat Radiator
Rawat Radiator

JAKARTA, ME. Musim kemarau memang sangat berpengaruh terhadap performa mesin bradsis. Untuk itu khusus tunggangan yang mengandalkan pendingin radiator, cairan pendinginnya juga wajib diperhatikan bradsis. Terlebih bila akan melakukan perjalanan jauh atau turing.

Umumnya buku manual merekomendasikan penggantian coolant dilakukan setiap dua tahun sekali. Namun dalam kondisi tertentu, hal ini tidak berlaku karena ada suatu hal yang mendesak untuk melakukan penggantian coolant.

Nah bila hal tersebut terjadi pada tunggangan bradsis, sebelum mengganti cairan sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan mekanik. Berikut diuraikan langkah-langkah penting melakukan perawatan radiator dan penggantian coolant.

Langkah 1
Jika bradsis baru saja menunganggi sepeda motor dan mesin masih panas, tunggu dulu agar dingin sebelum membuka tutup radiator. Umumnya coolant mengandung zat beracun dan abrasif, jadi jauhkan dari permukaan atau bagian motor yang dicat. Simpan dalam wadah tertutup, kemudian buang di tempat sampah.

Langkah 2
Lakukanlah pemeriksaan selang radiator, pastikan tidak terdapat retakan dan kerusakan. Jangan lupa memeriksa klem selang, gunakan obeng pipih kecil untuk meluruskan sirip pendingin yang bengkok.

Langkah 3
Posisikan ember atau wadah di bawah sepeda motor, kemudian lepas tutup lubang pembuangan di bagian pompa air, biasanya berwujud sekrup tembaga. Buka tutup radiator,  biarkan coolant mengalir keluar sampai habis. Tiriskan pula coolant yang berada di dalam tanki cadangan.

Langkah 4
Tidak perlu melakukan flushing radiator menggunakan air biasa, karena bisa membersihkan bagian dalam radiator dengan cairan flush khusus radiator. Hal ini bisa membersihkan residu dan kotoran yang tertinggal di dalam radiator.

Langkah 5
Pasang kembali baut pembuangan dan tuangkan coolant baru dari bagian atas leher pengisi. Kemudian hidupkan mesin dengan penutup radiator belum terpasang. Biarkan mesin hidup selama beberapa menit.  Goyang-goyang motor dengan lembut untuk membantu mengeluarkan gelembung udara.

Langkah 6
Pasang kembali tutup radiator, begitu pula dengan selang reservoir. Setelah selesai, tunggangan siap diajak jalan-jalan maupuun turing

Text: Teguh Choya (teguhjiwabrata@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Istimewa
  35 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !