Enam Langkah Meminimalisir Angka Kecelakaan Lalulintas
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-TIPS
01
Okt
2017

Enam Langkah Meminimalisir Angka Kecelakaan Lalulintas

  12381   0
ilustrasi kecelakaan lalulintas
ilustrasi kecelakaan lalulintas

JAKARTA, ME. Kecelakaan lalu lintas masih berada di posisi teratas bradsis, dengan menyumbang angka kematian. Melihat hal ini beberapa pihak tidak lelah untuk selalu mengingatkan safety berkendara baik roda dua ataupun roda empat. Namun kesadaran dari masing-masing individulah yang menjadi kuncinya.

NTMC Polri melalui situs resminya mengumumkan beberapa poin keamanan dasar yang wajib diperhatikan saat mengemudi yang dapat menjauhkan loe dari bahaya ketika mengemudi di jalan raya

1. Awasi Kondisi Kendaraan Anda
Pemeliharaan kendaraan tidak hanya merupakan cara penting untuk memperpanjang usia tunggangan Anda. Pemeliharaan ternyata juga penting untuk keselamatan berkendara. Dengan begitu, pemilik akan menyadari dan mendeteksi sejak dini apa saja masalah masalah yang tengah dialami hesitant sebelum masalah itu menjadi besar mengakibatkan hal yang fatal.

Salah satu masalah pemeliharaan paling umum yang dapat menyebabkan kecelakaan adalah tekanan ban yang tidak tepat. Tekanan yang tidak merata pada ban bukan hanya dapat mempengaruhi kinerja bahkan juga bisa menyebabkan ledakan, terutama saat kecepatan tinggi.

Wilayah penting lainnya ada pada rem, jika Anda melihat beberapa “kelembutan” di pedal rem, atau merasakan getaran ketika rem diterapkan, sebaiknya segera diperiksakan oleh seorang mekanik profesional.

2. Patuhi Rambu
Rambu lalu lintas yang dipasang di jalan raya bukan hanya sebagai penunjuk jalan atau membuat lalu lintas menjadi lebih tertib. Rambu juga berfungsi untuk melindungi para pengguna kendaraan dari bahaya kecelakaan.

3. Jaga Kecepatan
Akibat kesibukan yang tinggi seringkali membuat banyak pengemudi yang mengabaikan keselamatan lalu memacu kecepatan setinggi-tingginya. Demi mengejar waktu mereka tidak mengindahkan keselamatannya. Padahal selain membahayakan diri sendiri aksi itu juga akan membahayakan nyawa orang lain di sekitarnya.

Selalu gunakan lampu sein di setiap kesempatan saat akan mengambil jalur lain atau berbelok. Selain itu, sepion harus tak pernah luput dari pandangan pengemudi.

4. Jaga Jarak Aman
Agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan, pengemudi sebaiknya selalu memperhatikan jarak aman saat berkendara. Pengemudi harus cukup cekatan untuk bereaksi jika ke kendaraan di depannya berhenti secara tiba-tiba.

5. Jangan Ngantuk
Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Virginia Tech Amerika melaporkan bahwa 20 persen dari semua kecelakaan lantaran pengemudinya mengantuk saat mengemudi. Jika pengemudi sudah cukup lelah, disarankan untuk segera menepi untuk tidur sejenak.

Banyak orang berpikir kalau menguap bukanlah hal yang harus dikhawatirkan. Padahal menguap adalah sistem peringatan dari tubuh untuk segera mengistirahatkan diri anda.
Solusinya sederhana, sebelum mengemudi pastikan tidur malam Anda baik. Pastikan Anda mendapatkan delapan jam tidur, atau bahkan istirahat secara teratur.

6. Jangan Menelepon
Sejumlah negara telah meloloskan undang-undang yang melarang penggunaan ponsel saat mengemudi. Alasannya adalah jumlah kematian yang dikaitkan dengan kegiatan tersebut ternyata cukup besar. Hal tersebut membuktikan bahwa aktivitas menelpon saat mengemudi adalah hal yang sangat berbahaya.

Menelpon saat mengemudi sangat berbahaya karena konsentrasi mengemudi akan buyar, menyebabkan tingkat risiko terhadap kecelakaan meningkat. Meski saat menelpon mata masih tetap melihat ke depan namun konsentrasi otak tentu akan terpusat pada lawan bicara di telepon. Akibatnya fokus anda mengawasi jalan raya akan hilang menyebabkan kewaspadaan pun akan buyar juga.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com) ,
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: ntmcpolri
  52 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !