Dody Iskandar, Skuteris Berpantat Baja Pembesut Si Cabul
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-FIGUR
04
Okt
2017

Dody Iskandar, Skuteris Berpantat Baja Pembesut Si Cabul

  12386   0
Profil Dody Iskandar
Profil Dody Iskandar
Profil Dody Iskandar
Profil Dody Iskandar
Profil Dody Iskandar
Profil Dody Iskandar
Profil Dody Iskandar
Profil Dody Iskandar

JAKARTA, ME. Julukan skuteris berpantat baja memang layak disandang penunggang Vespa satu ini, bradsis.  Bagaimana tidak, pemuda akrab dipanggil Dody ini gemar dan kuat menahan rasa capek di pantat saat bersekuter jarak jauh bersama Vespa Exclusive tahun 97 kesayangannya.

Awal Bulan Desember 2014 silam, pria yang memiliki nama lengkap Dody Iskandar ini melakukan kunjungan sekaligus bersilaturahmi dengan sudara-saudara skuteris di pinggiran Kota Bone, Selawesi Selatan menunggangi Vespa yang dinamainya Si Cabul. Perjalanan dibagi menjadi beberapa persinggahan, yaitu; Solo, Turen Malang, Situbondo, Lombok, Bima, Makassa, Maros, kemudian berakhir di Bone.

Tak puas dengan perjalanan panjang itu, saat pulang menuju Jakarta, Dody menyempatkan diri mampir di Semarang. “Saat itu saya menghadiri acara saudara Vespa di sana. Perjalanana Jakarta-Bone memakan waktu satu bulan penuh,” imbuh pria yang juga pernah mendarat di bumi Flores.

Apa saja rahasia dan ramuan agar betah menempuh jarak jauh? “Resepnya sederhana kok, sebaiknya ngejos (berkendara) paling lama dilakukan selama 2 jam. Hal ini penting untuk menjaga stamina agar tetap vit, selain itu agar mesin tidak terlalu panas,” kata sekuteris yang mengaku kecanduan Vespa sejak tahun 2005 ini.

Fisik kuat bukan menjadi persayaratan satu-satunya yang harus dimiliki oleh peturing, bradsis. “Yang lebih penting yaitu paham dan sanggup menaati prosedur safety riding,” kata personil komunitas Sekuter Anak Rawabelong (Sakral) dengan nomor register 046 ini.

Salah satu contoh prosedur safety riding, yaitu kedua ban wajib baru. “Peralatan dan bekal spare part juga tak boleh dilupakan, terutama suku cadang yang sering mengalami gangguan. Untuk Vespa klasik beberapa sparepart tersebut di antaranya yaitu laher atau bearing kruk as, tali-tali, busi dan platina,” kata skuteris lahiran 1989.

Kelengkapan sepeda motor penunjuang safety riding juga harus berfungsi baik, seperti; sepasang kaca sepion, lampu depan, lampu rem, lampu sein depan dan belakang, serta klason.

 

Text: Teguh Choya (teguhjiwabrata@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Istimewa
  50 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !