Tiga Hal Penting Wajib Dipatuhi Saat Cuci Helm Sendiri
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
PERAWATAN
04
Okt
2017

Tiga Hal Penting Wajib Dipatuhi Saat Cuci Helm Sendiri

  11051   0
Tips Membersihkan Helm
Tips Membersihkan Helm
Tips Membersihkan Helm
Tips Membersihkan Helm
Tips Membersihkan Helm
Tips Membersihkan Helm

JAKARTA, ME. Mengendarai sepeda motor di bawah sengatan matahari pada musim kemarau pastinya membuat kepala dan rambut bradsis penuh keringat. Hal ini yang juga memicu helm bau tak sedap.

Mencuci helm di tempat jasa cuci helm mungkin dirasa terlalu banyak memakan biaya. Nah biar bradsis enggak terbebani dengan hal tersebut, baiknya dilakukan pembersihan sendiri. Biar ada gambaran jelas, berikut tips praktis membersihkan helm sendiri.

Bagian interior
Gunakan sampo bayi untuk membersihkan lapisan lembut yang terdapat di bagian dalam helm, kemudian bilas sampai bersih. Gunakan bantuan handuk untuk menghilangkan sisa air, lalu taruh di tempat yang banyak terkena sirkulasi  udara.

Proses pengeringan bisa dilakukan dengan bantuan hairdryer. Beberapa helm di desain memiliki lapisan interior yang bisa dibongkar pasang (removeable), sehingga proses pembersihan mudah dilakukan serta cepat kering.

Bagian eksterior
Gunakan sabun yang tidak keras sehingga tidak merusak lapisan helm, sabun cuci piring bisa dimanfaatkan. Gunakan pula kain lap lembut untuk membersihkan permukan luar helm, basahi lap tersebut dengan air hangat.

Tutupkan kain itu di atas helm dan biarkan beberapa menit agar debu-debu yang menempel melunak.  Helm modern biasanya dilapisi dengan coating jernih, sehingga bradsis bisa membersihkan dengan wax yang bisa digunakan untuk membersihkan bodi mobil.

Bagian wajah
Sama seperti proses membersihkan bagian eksterior, gunakan air hangat, sabun yang tidak keras dan kain lap yang lembut. Hindari pembersih kaca dengan produk yang mengandung amonia. Zat tersebut bisa menggerus lapisan anti-goris yang terdapat di bagian kaca helm. Setelah selesai kemudian dikeringkan dan simpan di dalam kantong kain yang lembut.

 

Text: Teguh Choya (teguhjiwabrata@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Teguh Ch
  23 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !