Berikut 2 Bahan Dasar Sarung Tangan Layar Sentuh
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
KNOWLEDGE
06
Okt
2017

Berikut 2 Bahan Dasar Sarung Tangan Layar Sentuh

  8505   0
Sarung tangan layar sentuh
Sarung tangan layar sentuh

JAKARTA, ME. Seringkali bikers merasa kerepotan saat menerima SMS atau saat akan mengoperasikan smartpone layar sentuh. Sebab sarung tangan biasa membuat jemari bradsis tidak responsif bagi layar sentuh.

Namun seiring perkembangan teknologi, beberapa sarung tangan sepeda motor dilengkapi dengan lapisan khusus di bagian ujung jari telunjuk.  Sehingga sarung tangan bisa digunakan untuk mengoperasikan smartphone layar sentuh, unit GPS dan MP3.

Sensor layar sentuh mendeteksi muatan listrik statis yang ditransfer ke jari kemudian menjatuhkan tegangan pada titik layar dan mengaktifkan fungsi tombol. Sarung tangan biasa tak bisa untuk melakukan hal tersebut . Sedangkan sarung tangan sensitif layar sentuh dilengkapi dengan bahan konduktif listrik statis di bagian ujung jari.

Ada dua bahan atau produk yang bisa digunakan untuk membuat sarung tangan menjadi bersifat konduktif, yaitu Glove Tacts dan Farkle Finger.

Glove Tects
Glove Tacts adalah stiker faux-suede tipis yang bisa ditempelkan ke bagian permukaan sarung tangan. Terutama di bagian ujung jari. Stiker ini bisa menempel hampir di semua jenis bahan sarung tangan, dalam kondisi masih baru maupun sarung tangan yang sudah lama. Permukaan sarung tangan yang akan ditempeli harus dibersihkan terlebih dulu.

Stiker ini dibuat dari bahan bernama AX Suede Connect yang menggunakan senyawa organik. Bahan tersebut meniru mekanisme kerja saat kulit berinteraksi dengan layar sentuh elektronik. Produk ini diklaim tahan abrasi dancocok bagi pengendara. Meskipun tahan lama, beberapa keterangan mengungkapkan bahwa bahan ini dapat kehilangan kemampuannya jika terlalu sering dicuci.

Farkle Fingers
Produk ini berwujud kantung kecil yang menutupi jemari sarung tangan. Satu sisi dibuat dari nilon yang berbentuk melengkung sementara sisi yang lainnya dibuat dari bahan konduktif. Bahan ini lebih prakti namun kekurangannya yaitu dikawatirkan dapat mengakibatkan hilangnya kepekaan tangan mengontrol tuas rem maupun kopling.

Sebab pemasangan Farkle Fingers akan menambah ketebalan sarung tangan. Di sisi lain, kelebihan Farkle Finger yaitu tidak akan mengakibatkan tergelincir karena memiliki grip karet atau lateks.

Jika kedua bahan itu sulit dperoleh, bradsis bisa membuat sarung tangan menjadi responsif touch screen dengan cairan Any Glove atau Nanotips. Any Glove adalah cairan yang akan mengubah sarung tangan biasa menjadi sebuah sarung tangan yang bisa digunakan untuk layar sentuh.

Bagaimana cara pemakaiannya, cukup menuangkan sedikit cairan ini di ujung sarung tangan, kemudian didiamkan beberapa saat. Setelah kering,  jemari sarung tangan sudah berubah menjadi responsif touch screen.

Nah, sekarang bradsis tak perlu melepas sarung tangan lagi, saat melakukan cek posisi di GPS, memilih menu MP3 atau membalas SMS.

 

Text: Teguh Choya (teguhjiwabrata@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Istimewa
  23 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !