Ini Alasan Flat Visor Digemari Pecinta Helm Replika MotoGP
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
KNOWLEDGE
08
Okt
2017

Ini Alasan Flat Visor Digemari Pecinta Helm Replika MotoGP

  9077   0
Flat visor
Flat visor

TANGERANG, ME. Brad n sis mungin sudah tak asing dengan Flat Visor kan? Yups benar, part yang juga disebut sebagai kaca helm 2D, sementara visor cembung disebut 3D. Penampakannya, dari bagian atas sampai bawah datar alias tidak cembung.

Desain visor yang datar bertujuan agar dapat ditempeli dengan plastik tear-off. Lapisan plastik ini berfungsi sebagai pelindung visor helm dari debu yang berpotensi mengotori dan membuat visor menjadi buram selama balapan berlangsung. Dari penampilannya, visor cembung terlihat lebih artistik dan aerodinamis bila dibandingkan dengan flat visor.

Flat visor pada umumnya dilengkapi dengan port atau lubang yang berfungsi untuk memasang tear off, namun tidak semua flat visor dapat dipasangi dengan tear off. Sebab tidak memiliki port tempat memasang tear off. Jadi jika bradsis bermaksud memodifikasi helm dengan flat visor, sementara ingin juga memasangi dengan tear off, pastikan visor tersebut dilengkapi dengan port.

Teknologi flat visor memang diproduksi masih khususkan untuk balap, tidak semua helm yang diproduksi dilengkapi dengan flat visor. Dengan kata lain, flat visor hanya ditemukan pada helm-helm balap. Meskipun beberapa helm standar sudah dilengkapi dengan flat visor namun banyak pula yang flat visornya harus dibeli secara terpisah.

Hal lain yang harus diketahui, tidak semua helm bisa dipasangi flat visor, jadi sebaiknya nggak usah memaksakan diri. Flat Visor ini banyak dipakai oleh penggemar helm replika pembalap MotoGP bradsis. Tapi untuk keperluan harian, sebenarnya flat visor tidak begitu berguna, umumnya biker harian yang menggunakan flat visor hanya sekadar untuk gaya-gayaan.

Text: Teguh Choya (teguhjiwabrata@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Istimewa
  19 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !