Custom VeloCVT Aerox 155, Inovasi Baru Dongkrak Tampilan
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-TIPS
17
Okt
2017

Custom VeloCVT Aerox 155, Inovasi Baru Dongkrak Tampilan

  11346   0

Jakarta, ME. Skutik premium bergaya sporty alias Yamaha Aerox 155 ini memang menjadi besutan idola para kaum Adam bradsis. Tak heran banyak pengguna yang menambahkan berbagai macam aksesori bahkan sampai di airbrush guna mendongkrak tampilannya. Seperti yang dilakukan oleh Ridwan Chiwo, pengguna Yamaha Aerox 155.

“Awalnya pengen tampilan yang agak unik dan kepikiran buat pasang velocity di cover CVT. Setelah melihat dari semua skutik yang sudah di modifikasi, kayaknya belum adayamg bikin ala lubang ventilasi di CVT. Makanya, gue bikin dan dengan sebutannya VeloCVT, karena komponennya pake velocity karbu,” ujar Chiwo, sapaan akrabnya.

Pekerjaan pria humoris ini sebagai spesialis custom headlamp, RiC Lighting daerah Condet, Jaksel. Alhasil, dibongkarlah Yamaha Aerox miliknya, buat diaplikasikan aksesori tersebut. Nah, kira-kira inovasi tersebut ada fungsinya gak, bradsis?

“Pengerjaan ini sebenarnya gak berfungsi apa-apa, hanya sebagai pemanis tampilan aja. Karena bagian cover CVT Aerox itu materialnya dari plastik, jadi lebih aman dan mudah digarapnya. VeloCVT ini juga gak tembus alias ditutup, karena menghindari masuknya air ke dalam cover CVT,” paparnya Chiwo sambil memperagakannya.

Sedang proses pembuatannya juga terbilang cukup mudah, yakni dengan menyediakan beberapa peranti pendukungnya. Seperti velocity karbu, kawat kasa, dan lem perekat. Biar lebih jelasnya, kita intip aja deh cara bikinnya. Nih langkah-langkahnya!

Pertama lepas atau buka cover CVT Aerox 155 dan gunakan kunci yang sesuai sama bautnya. Untuk velocity bisa pakai merek apa saja, sedang kisaran harganya dari Rp 40 ribu sampai Rp 150 ribuan. Kalo Aerox punya Chiwo ini pake merek SPS seharga Rp 150 ribu.

Trus, ngemal buat bikin lubangnya. Caranya, taruh dah tuh peranti tadi buat diukur diameter lingkarnya, dilanjutkan bolongin pake mesin bor atau carter. Usahakan lubangnya pas, jangan sampai longgar. Kalo sudah bolong, masukin deh VeloCVT itu. Saat pasangnya jangan terlalu masuk, biar terlihat lebih ideal alias gak terlalu tenggelam sama cover CVT-nya.

Dilanjutkan, memberikan lem perekat (Dextone) di bagian belakang sisi pinggir VeloCVT tersebut. Lalu, siapkan kawat kasa dan potong sesuai lingkaran lubang velocity dan dilem perekat juga ya, bradsis!

Nah, karena hanya sebagai pemanis dan biar air gak gampang masuk ke dalam cover CVT. Maka, dikasih penutup dari potongan plastik yang dibentuk melingkar alias sesuai lubang velocity-nya. Jangan lupa dikasih lem biar gak gampang lepas dan tunggu sampe kering. Selesai deh!

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Teguh
  44 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !