Suka Modifikasi Busi Standar Agar Kinerjanya Maksimal? Berikut Kekurangan Dan Kelebihannya
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ANEKA TIPS
21
Okt
2017

Suka Modifikasi Busi Standar Agar Kinerjanya Maksimal? Berikut Kekurangan Dan Kelebihannya

  30010   0

JAKARTA, ME. Sekedar mencoba memang tidak ada salahnya bradsis, namun disamping itu loe juga harus bisa menilai kerugian dan kelebihannya. Seperti halnya yang kini sering dilakuakan, yaitu modifikasi busi dengan tujuan untuk mendapat pengapian yang lebih baik.
 
Proses perkembangan teknologi busi sangat dipengaruhi oleh efek quenching, dimana bentuk elektroda dan fitur sangat mempengaruhi kinerja busi dalam menjalankan proses pengapian. Pada dasarnya bentuk elektroda busi sangat beragam sesuai dengan kebutuhannya.

Modifikasi pada busi standar dibentuk menyerupai busi tipe lain memiliki tujuan meredam efek quenching, dimana inti api diharapkan tidak cepat padam pada saat proses pengapian. Karena bentuk dari elektroda dapat menghalangi pertumbuhan inti api pada saat busi bekerja, maka modifikator memotong elektroda ground untuk mempercepat proses penyebaran api.

"Modifikasi yang dilakukan pada busi standar akan menimbulkan sisi positif dan negatif yang akan timbul. Dalam kasus ini busi akan lebih cepat mengalami keausan dikarenakan bahan standar adalah jenis nickel," ujar Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia.

Diko juga menyarankan apabila ingin mendapatkan efek dari pengapian yang lebih baik, disarankan pengguna dapat mengganti busi standarnya dengan busi berbahan logam mulia yaitu G-Power atau Iridium IX.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Istimewa
  293 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !