Saat Musim Hujan, 2 Laher Ini Wajib Dicek Dan Dibersihkan
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
PERAWATAN
25
Okt
2017

Saat Musim Hujan, 2 Laher Ini Wajib Dicek Dan Dibersihkan

  10909   0
Rawat Laher
Rawat Laher
Rawat Laher
Rawat Laher
Rawat Laher
Rawat Laher
Rawat Laher
Rawat Laher
Rawat Laher
Rawat Laher
Rawat Laher
Rawat Laher

TANGERANG, ME. Musim hujan tampaknya datang lebih awal, bradsis. Guyuran air hujan, genangan air jalanan yang berlumpur dapat mengganggu komponen tunggangan yang selalu bergerak yang di dalamnya menggunakan laher atau bearing.

Air hujan yang bersifat asam bisa membuat laher berkarat, sementara itu cipratan air jalanan yang kotor bisa membuat kinerja laher berkurang. Pelumas laher pun seringkali menjadi luntur jika terlalu sering diguyur hujan. Nah, agar komponen-komponen skutik itu bisa tetap awet, bradsis wajib memeriksa dan merawatnya.

Menurut Yulius Candra, pemilik Surya Motor di kawasan BSD, Serpong, Tangerang, Jawa Barat, beberapa komponen sepeda motor yang harus mendapat perawatan rutin saat musim hujan yaitu Komstir dan laher roda. “Terutama laher roda sepeda motor yang sering dikendarai buat melibas jalur yang sering banjir,”kata pria yang akrab dipanggil Candra itu.

Komstir Alias Steering Cone
Posisi komstir tersembunyi dan tidak mudah dilihat, hal itu membuat organ ini sering dilupakan, sehingga luput dari perhatian dan perawatan. Meski jarang diganti, bukan berarti komstir tak butuh perawatan. Saat musim hujan, lapisan grase yang melindungi komstir dapat luntur, makanya part yang berfungsi dalam pengendalian ini harus dilumasi.

Pelumasan komstir mudah dilakukan. Terlebih dulu, bradsis harus membuka cover body di bagian depan. Setelah itu bersihkan dulu rangka motor (bagian luar komstir). Ada dua komstir yang harus dibersihkan dan dilumasi. Biasanya komstir di bagian bawah yang berdekatan dengan garpu lebih kotor daripada komstir yang ada di atas yang berhubungan dengan palang setang. Sebelum pelumas disemprotkan, sebaiknya disemprotkan terlebih dulu cairan penetran. Berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan sebagai penangkis karat. Bersihkan sisa-sisa cairan penetran, lalu semprotkan oli pelumas.

Laher Roda
Laher roda berperan menjadi titik tumpu beban sekaligus poros rotasi roda. Air banjir dan genangan yang ada di jalan berpotensi merusak laher, jadi disarankan jangan lupa memeriksa bagian ini juga bradsis.

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu melepas roda. Copot dan bersihkan cover laher beserta muka luar laher. Laher roda dilengkapi dengan sil penutup dari karet atau seng yang berfungsi untuk melindungi bagian dalam laher dari kontaminan maupun air. Jadi pastikan sil itu masih dalam kondisi baik. Jika komponen itu sudah usang, sebaiknya laher diganti dengan yang masih baru.

Langkah berikutnya sama seperti proses yang dilakukan untuk merawat laher komstir. Semprotkan cairan penetran untuk mengusir kontaminan dan karat. Bersihkan sisa-sisa penetran, lalu oleskan pasta grease di bagian permukaan laher dan sisi bagian dalam cover laher. Jika langkah itu sudah dilakukan, pasang kembali roda pada posisi semula.

Oli bekas tidak disarankan. Sebab oli bekas mengandung banyak kontaminan serta serbuk-serbuk logam sisa-sisa pembakaran. Meskipun berukuran kecil, benda itu bisa menyusup di antara roller atau bola-bola laher, sehingga mengakibatkan kerusakan bola maupun jalur di bagian dalam laher.

Text: Teguh Choya (teguhjiwabrata@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Teguh Ch
  39 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !