Ini Alasan Yamaha Mikir Dua Kali Jual Motor Listrik
FDR Tire
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-UPDATE
01
Nov
2017

Ini Alasan Yamaha Mikir Dua Kali Jual Motor Listrik

  16145   0
Ini Alasan Yamaha Mikir Dua Kali Jual Motor Listrik
Ini Alasan Yamaha Mikir Dua Kali Jual Motor Listrik

JAKARTA, ME. Perkembangan motor listrik Yamaha sudah dimulai sejak 15 tahun lalu. Hari ini (01/11), PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga sudah memperkenalkan motor listrik mereka, yakni E-Vino. Yamaha baru memulai uji coba pasar, karena ada banyak alasan yang bikin mereka mikir dua kali untuk jual motor listrik, bradsis..
 
"Safety adalah salah satu alasan utama kami. Sebenarnya, secara manufacture, kami sudah ready. Tidak sulit secara teknologi atau pabrik. Namun, kami tidak berani bicara untuk langsung jual ke pasar," ungkap Dyonisius Beti, selaku Executive Vice President PT YIMM.
 
"Bagi kami, kami memikirkan generasi berikutnya, masa depan. Kami memikirkan dampaknya harus dipikirkan dengan matang. Konsumen harus dipikirkan, safety-nya," lanjutnya.
 
Menurut Dyonisius, perilaku masyarakat saat bermotor berbeda dengan Eropa yang taat peraturan dan lalu lintas, bradsis. Di sini jika terjadi banjir, masih banyak yang nekat menerobos, karena berpikir konsekuensinya hanya mogok. Sementara motor listrik, resikonya adalah korslet dan bisa tersetrum.
 
Motor listrik yang tidak mengeluarkan suara memang tidak menimbulkan polusi suara. Namun dari segi safety, kondisi di jalan raya cukup berbahaya bagi motor yang tidak mengeluarkan suara, karena membuat pengendara motor lain tidak menyadari kehadiran motor tersebut.
 
Lalu, dari segi spare part, dalam hal ini baterai, juga jadi pertimbangan, bradsis. "Di Indonesia, orang pakai baterai biasa, jika habis langsung buang saja. Kalau baterai motor ini dibuang begitu saja dan mencemarkan tanah, itu dampaknya juga bahaya. Jadi, penanganan baterai ini juga harus hati-hati," jelasnya.
 
Yamaha Indonesia mulai melakukan uji coba pasar dengan menggandeng 4 institusi besar, antara lain Kebun Raya Bogor, Universitas Pelita Harapan, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, dan The Breeze BSD. Hasilnya nanti akan dianalisa agar bisa menghasilkan motor listrik berkualitas yang cocok untuk konsumen Indonesia.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: Donnyantoro
  251 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !