TerpaksaTerabas Hujan? Hal Ini Yang Mesti Dilakukan Bikers
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ANEKA TIPS
02
Nov
2017

TerpaksaTerabas Hujan? Hal Ini Yang Mesti Dilakukan Bikers

  9421   0

JAKARTA, ME. Walaupun kondisi dan persiapan safety kurang memadai, saat hujan turun tak sedikit pengendara sepeda motor memaksakan diri untuk menerabasnya bradsis. Hal ini yang menyebabkan kecelakaan di jalan raya, ditambah lagi jalan yang berlubang, berlumpur, berpasir, berkabut dan faktor cuaca lainnya.

Kondisi hujan, pengendara disarankan untuk mempersiapkan jas hujan. Adapun jenis jas hujan untuk pengendara sepeda motor yang baik adalah jenis baju celana dan tidak disarankan memakai jas hujan jenis ponco. Selain itu, hindari permukaan jalan yang berlubang dan genangan air yang cukup tinggi.

“Selalu waspadai genangan air, karena kita tidak mengetahui adanya lubang atau batu di dalam genangan air tersebut yang akan membuat sepeda motor kita terpeleset dan jatuh saat melintasi genangan air,” ujar Asep Wawan Hernawan, Instruktur Safety Riding Daya Adicipta Motora (DAM).

Jika jalan yang dilalui tergenang air sangat disarankan untuk tidak langsung melaluinya bradsis, ada baiknya berhenti terlebih dahulu untuk melihat dan mengukur perkiraan kedalaman air yang tergenang tersebut. Bila ketinggian air tidak melebihi ujung lubang knalpot sepeda motor dan arusnya lambat, berarti aman untuk dilalui.

Bila terpaksa harus menerabas genangan tersebut, usahakan dalam kecepatan yang konstan. Khusus motor type sport dan cub gunakan gigi rendah,usahakan jaga jarak dengan kendaraan lainnya agar gas tetap stabil bradsis.

“Tidak disarankan untuk memaksakan melewati genangan air yang lebih tinggi dari ujung lubang knalpot, dan jangan melewati genangan air dengan kecepatan tinggi. Lebih baik cari jalur atau jalan lain yang tidak tergenang air hujan,” pungkas Asep.

 

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Dok. ME
  25 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !