Awas! Aki Baru Jangan Langsung Dipasang, Berikut Akibatnya
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-TIPS
10
Nov
2017

Awas! Aki Baru Jangan Langsung Dipasang, Berikut Akibatnya

  1223   0
Globak Charger
Globak Charger

JAKARTA, ME. Berencana beli aki baru bradsis? Hat-hati, sebaiknya jangan langsung dipasang di motor. Pasalnya kalo langsung dipasang, bikin aki enggak tahan lama, seperti yang diungkapkan Cynthia, marketing Global Battery.

“Aki yang sudah lama disimpan di toko, sebaiknya dicas terlebih dulu sebelum dipasang, terutama aki yang sudah disimpan selama 2 tahun,” tuturnya.

Memang sih, saat di toko aki juga disimpan dalam kondisi kosong. Hal itu bertujuan untuk mencegah terjadinya korsleting. Nah, proses cas sebelum aki digunakan sering juga disebut sebagai proses pengisian awal.

Aki bisa saja langsung dipasang tanpa dicas terlebih dulu, namun aki yang langsung dipasang tersebut kerap kali mengalami ketidakstabilan mengalami pengisian dari kiprok, saat mesin motor dinyalakan. Sehingga aki mudah mengalami kerusakan.

Alasan lain kenapa tidak disarankan dipasang langsung karena, aki yang masih minim listrik itu bisa menjadi mudah rusak karena langsung dibebani dengan permintan listrik dari berbagai komponen sepeda motor.

Proses pengisian awal ini membutuhkan waktu kira-kira sekitar 1 jam. Untuk aki basah, brad n sis tak perlu melakukan pengecasan, setelah diisi dengan air aki, aki kemudian didiamkan selama minimal 1 jam. Tujuannya supaya terjadi reduksi terlebih dulu antara cairan aki dengan timbal. Jadi sebaiknya jangan langsung dipasang ya bradsis.

Untuk melakukan pengisian atau cas aki tersebut, Global Battery memiliki produk baru, yaitu Charger khusus. Bentuknya mirip seperti crahger ponsel, bedannya di bagian output perangkat ini terdapat dua kabel. Ujungnya dilengkapi dengan penjepit yang berfungsi untuk menjepit atau dipasangkan di bagian kutup aki. Penjapit berwarna merah untuk kutub positif dan yang berwarna hitam untuk kutub negatif.

Cara pemakaian alat ini sangat mudah. Bradsis hanya tinggal menjepit kutub aki sesuai dengan warnanya. Kemudian charger dicolokkan saluran listrik di rumah. Pengecasan berlangsung sekitar 1 – 2 jam. Pada charger tersebut juga dilengkapi dengan lampu indikator, berguna untuk mengetahui bahwa aki sudah penuh.

 

Text: Teguh Choya (teguhjiwabrata@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Guntur
  19 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !