Tiga Perkara Vital Berhubungan Dengan Handling
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
KNOWLEDGE
15
Nov
2017

Tiga Perkara Vital Berhubungan Dengan Handling

  857   0
Tips Handling
Tips Handling
Tips Handling
Tips Handling
Tips Handling
Tips Handling
Tips Handling
Tips Handling

JAKARTA, ME. Handling menjadi salah satu faktor vital dari sepeda motor bradsis. Kinerja handling yang sempurna dapat menjamin kenyamanan, keamanan dan keselamatan pengendara.

Menurut penuturan Benny Rachmawan, selaku kepala R & D PT. Mitra Lestarindo, pemegang merek YSS, handling dibagi menjadi 3 bagian; suspensi, pengereman dan roda. “Jadi kalau ada yang berkata handling hanya menyangkut suspensi saja, itu salah,” tegas Benny.

Suspensi
Pria berbadan gempal itu memaparkan bahwa sistem suspensi dibagi menjadi dua yaitu suspensi depan dan suspensi belakang. “Untuk suspensi depan dibedakan menjadi dua tipe. Yaitu tipe teleskopik biasa dan tipe upside down. Sedangkan shock belakang dibedakan menjadi tiga, yaitu; mono shock, single shock dan double shock,” tutur Benny dalam acara Handling & Maintenance yang diselenggarakan oleh PT. Mitra Lestarindo di TDR Technology Center pada tanggal 11 November 2017.

Masih soal shock absorber, Benny mengaku sering menjumpai pengguna motor memodifikasi kedaraan dengan shock double, kemudian diganti dengan shock single berjumlah 2 buah di setiap sisi. “Secara pemasangan, hal tersebut bisa dilakukan, namun berhati-hati, harus dicermati kekerasannya. Sebab jika terlalu keras justru bisa mengakibatkan ketidak seimbangan pada sepeda motor,” kata pakar shock absorber tersebut.

Sistem Pengereman
Berikutnya yaitu sistem pengereman. “Banyak orang beli master rem hanya asal beli. Yang wajib diperhatikan saat membeli master rem yaitu ukuran diameter piston, sesuaikan dengan jenis dan tipe kendaraan, ukuran standar rata-rata 10 mm. Kalau untuk motor ber cc gede, misalnya motor 250 cc, ukuran pistonnya bisa sampai 12 mm,” kata Benny menyarankan.

Benny mengatakan, ukuran piston bisa sampai 19 mm. “Piston master rem sebesar itu biasanya digunakan untuk sepeda motor 1000 cc”. 

Bagian rem berikutnya yaitu kaliper dan disk rotor (cakram). Khusus untuk disk rotor, makin besar makin pakem, tapi harus disesuiakan dengan motor dan skill berkendara. Cakram ada yang dilengkapi dengan floating ada yang tidak. Floating membuat motor menjadi tetap stabil saat direm, terutama saat melakukan pengereman mendadak.

Saran berikutnya yaitu jangan salah pilih oli rem. Oli rem juga harus dipilih titik didihnya yang sesuai. Bagi yang suka turing, pilih minyak rem dengan DOT tinggi. Jangan lupa pula memilih ban yang sesuai dengan tipe motor.  

 

Text: Teguh Choya (teguhjiwabrata@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Banar
  11 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !