Trend Motor Listrik Membuat AISI Teriakkan Regulasi
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-UPDATE
16
Nov
2017

Trend Motor Listrik Membuat AISI Teriakkan Regulasi

  18133   0

JAKARTA, ME. Perkembangan motor listrik mulai ramai diminati konsumen di Indonesia bradsis. Beberapa Agen Pemegang Merk (APM) telah bersiap bahkan sudah mulai menjual motor bertenaga listrik tersebut. Ajang pameran motor di beberapa negara bahkan di Indonesia juga telah menggambarkan bahwasanya era motor listrik akan berkembang.

Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) terus berharap, agar pemerintah memperhatikan potensi perkembangan kendaraan listrik dengan menyiapkan kebijakan yang komprehensif sehingga dapat tetap melindungi konsumen dan masyarakat bradsis.

Sepeda motor listrik menjadi salah satu transportasi yang digadang-gadang akan menggantikan sepeda motor bermesin bensin. Beberapa APM juga telah memiliki tipe motor ini bradsis. Indonesia merupakan salah satu negara yang saat ini sedang menjajaki dan menyusun rencana untuk menuju era tersebut.

Ketua Umum AISI Johannes Loman mengatakan para pelaku industri sepeda motor siap mendukung kebijakan pemerintah untuk memasuki era motor listrik. Oleh karena itu, saat ini produsen sepeda motor anggota AISI yang saat ini baru memasarkan tipe motor bakar sedang bekerja keras menyiapkan model motor listrik yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kami sedang mengembangkan model motor listrik yang memiliki jarak tempuh yang lebih baik sehingga masyarakat tidak sering-sering mengisi ulang baterai. Harga juga merupakan isu penting karena saat ini harga motor listrik relatif mahal. Kami ingin memberikan yang terbaik untuk konsumen kami dengan mengembangkan produk-produk yang sesuai standar internasional yang menekankan pentingnya unsur safety,” ujar Loman dalam rilisnya.

Loman menambahkan, pemerintah diharapkan dapat mengatur secara detail regulasi terkait kualitas, suku cadang dan keamanan motor listrik ini bagi konsumen. Selain itu, faktor pasokan dan pengelolaan baterai juga menjadi perhatian utama para produsen motor di Indonesia. Belum adanya skema kebijakan yang mengatur sisi hilir industri motor listrik, terutama pengelolaan limbah baterai dikhawatirkan akan menimbulkan masalah lingkungan baru di kemudian hari.

“Kami tidak ingin niat baik untuk memberikan produk yang ramah lingkungan dan efisiensi bahan bakar malah menimbulkan masalah baru bagi masyarakat karena unsur safety yang terabaikan dan dampak lingkungan akibat limbah baterai yang tidak diantisipasi sejak dini,” imbuhnya.

Menurut Loman hadirnya motor listrik ini berpotensi mengubah tatanan atau peta pelaku indutri otomotif, karena banyak industri pendukung yang bakal terkena dampak jika pasar motor listrik nanti tumbuh pesat bradsis. “Saya kira perlu dilakukan kajian potensi dampak yang timbul di industri yang saat ini sedang berjalan jika EV (electric vehicle) diberlakukan.”

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Dok. ME
  290 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !