Awas Hati-Hati! Dampak Kabel Terminal Aki Terbalik, Sekering Putus Hingga ECU Jebol
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-TIPS
20
Nov
2017

Awas Hati-Hati! Dampak Kabel Terminal Aki Terbalik, Sekering Putus Hingga ECU Jebol

  56923   0
Tips Pasang Aki
Tips Pasang Aki

TANGERANG, ME. Kemungkinan terbalik memasang kabel terminal aki bisa dialami oleh siapa saja bradsis. Kondisi kurang teliti, terburu-buru dan masih pemula, bisa menjadi pemicunya.

Dalam beberapa kasus, hal yang terlihat sepele ini tak berakibat fatal. Namun kasus yang lain menunjukkan bahwa pemasangan kabel terminal aki terbalik, bisa berdampak fatal.

Pabrikan merancang kabel aki sesuai dengan ukuran jarak antara kabel ke konektor. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah kemungkinan terbaliknya pemasangan kabel.

Bagi bradsis yang demen memodifikasi motor dengan jalan menggonta-ganti aki dengan kapasitas ampere lebih besar, kemudian mengganti kabel aki menjadi lebih besar, sebaiknya ektra hati-hati dan teliti. Pasalnya hal ini bisa memperbesar peluang terjadinya salah pasang kabel terminal aki.

Salah satu dampak ringan yang akan timbul yaitu gangguan pada elektrik starter. “Saat dihidupkan, sepeda motor tidak akan hidup,” papar Chandra, pemilik bengkel di kawasan BSD, Tangerang, Jawa Barat.

Pemasangan kabel terbalik akan mengakibatkan dinamo berputar terbalik, sehingga motor tak akan bisa hidup. Akibat lain yang akan dituai yaitu putusnya sekering. Kondisi ini kemudian akan merembet ke bagian komponen lain yang menjadi kehilangan fungsinya.

Dampak lain yang lebih mahal yaitu kerusakan ECU pada motor injeksi maupun kerusakan CDI pada motor karburator. Sistem di dalamnya akan berantakan, sehingga berpengaruh pada kontrol mesin. Misalnya kontrol sistem bahan bakar, dan pengapian.

Akibat lain yang akan terjadi yaitu kerusakan pada aki. Aki menjadi drop dan tidak bisa digunakan lagi. Saat kabel terminal terbalik dipasang, akan muncul percikan bunga api. Pasalnya terjadi korsleting atau hubungan pendek. Nah, jika hal itu terjadi nggak usah panik, cek satu-persatu sekringnya. Ganti yang putus dengan yang baru.

Text: Teguh Choya (teguhjiwabrata@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Teguh Ch
  408 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !