Mengenal Grease Dan 5 Tingkat Kekentalannya
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
KNOWLEDGE
23
Nov
2017

Mengenal Grease Dan 5 Tingkat Kekentalannya

  14685   0
Mengenal Grease
Mengenal Grease

JAKARTA, ME. Grease adalah pelumas yang berwujud pasta atau dispersi padatan dari thickening agent dalam pelumas cair. Bahan lain yang ditambahkan ke dalam grease yang dapat meningkatkan kualitas dan sifat pelumas misalnya aditif ASTM D288.

Jadi grease terdiri dari 80% lubrikan cair, 10% thickener atau yang disebut sebagai “body of grease” . Lubrikan cair merupakan virgin oli, semi cair, wax, atau bahan sintetis.

Thickener bersifat water resistant, dibuat dari  mettalic soap yang terdiri dari Kalsium. Meterial inilah yang bertugas melindungi bearing dari air hujan yang bisa mengekibatkan terjadinya korosi. Bahan lain yang menyusun thickener yaitu sodium yang bersifat high shock namun kurang bersifat water resistance, sedangkan materi lithium yang berada di dalamnya bersifat multi purpose.

10% bagian yang lain dari grease yaitu aditif, bahan ini berfungsi untuk memperbiki sifat grease. Bersifat antioksidan, mencegah terjadinya karat dan memeberikan performa yang tinggi untuk bekerja pada tekanan tinggi.

Materi-materi tersebut dicampur dengan porsi yang pas, sehingga akan menciptakan grease yang memiliki beberapa karakter sebagai berikut; mampu mencegah terjadinya keausan dan memperkecil gesekan.

Grease juga bertugas mencegah korosi pada laher, karakter lainnya yaitu mampu menjadi seal yang mencegah masuknya kotoran dan air. Grease tidak mengental saat dingin serta idak meleleh ketika terpapar panas. Mudah diaplikasikan serta cocok untuk seal yang dibuat dari elastomer. Pelumas ini juga wajib bersifat toleran terhadap berbagai kontaminan, misalnya kelembapan.

Kekentalan grease atau placticity dapat diketahui melalui nomor NLGI (National Lubricating Grease Institute. Grease encer memiliki nomor NLGI 000 dan 00. Sedangkan grease semi cair ditandai dengan nomor NLGI 0 dan 1. Grease lunak atau soft nomor NLGI-nya 2 dan 3. Berikutnya grease sedang atau firm dengan no NLGI 4 dan 5 dan yang terahir grease keras atau hard.

 

 

Text: Teguh Choya (teguhjiwabrata@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Teguh Ch
  249 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !