Cara Praktis Mengeringkan Helm Pasca Kehujanan, Salah Satunya Menggunakan Kipas Angin
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
PERAWATAN
26
Nov
2017

Cara Praktis Mengeringkan Helm Pasca Kehujanan, Salah Satunya Menggunakan Kipas Angin

  3016   0
Cara Mengeringkan Helm
Cara Mengeringkan Helm
Cara Mengeringkan Helm
Cara Mengeringkan Helm

TANGERANG, ME. Bagi bikers sejati, kehujanan itu hal yang lumrah saat beraktifitaas bradsis. Tak dipungkiri juga, bahwa guyuran hujan sering membuat helm juga ikut basah. Memiliki helm cadangan sebagai sarana bergantian saat helm yang satu basah dan masih dalam proses pengeringan, itu sangat dianjurkan.

Namun, bagi bradsis yang hanya memiliki helm semata wayang, helm basah sering merepotkan. Apalagi helm tersebut harus tetap dikenakan esok hari untuk berkatifitas. Nah, nggak perlu bingung brader, berikut tips mengeringkan helm.

Segera setelah menembus hujan, bagian luar helm dilap, sedangkan bagian dalam helm bisa dikeringkan dengan berbagai cara. Helm yang memiliki bagian liner bisa dilepas, lebih memudahkan proses pengeringan. Beberapa seri produk helm GM bagian linernya bisa dilepas bradsis, sehingga lebih praktis dan tak merepotkan.

Jalan terbaik yaitu dengan menjemur helm tersebut di bawah sinar matahari. Atau di dalam ruangan beratap transparan. Di tempat tersebut helm di jemur dengan posisi terbalik. Arahkan bagian dalam menuju ke atas.

Namun jika saat itu cuaca mendung sehingga tak ada sinar matahari, bradsis bisa mengeringkan helm dengan aliran udara, misalnya didekat fan atau kipas angin. Lebih baik jika aliran udara hangat. Bradsisi bisa menaruh helm tersebut di dekat mesin AC atau di bagian belakang kulkas. Perangkat elektronit tersebut mengeluarkan udara hangat.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengeringkan jeroan helm yaitu menggunakan hair dryer. Yang perlu diingat yaitu, cara ini butuh banyak waktu dan tenaga, utamanya boros listrik. Nah cara yang lebih praktis yaitu menggunakan kombinasi kipas angin dan lampu pijar.

Caranya taruh lampu pijar di antara bagian dalam helm, jangan sampai terjadi kontak fisik antara helm dengan lampunya. Lalu arahkan kipas angin ke bagian dalam helm, atur puratan kipas angin pada mode paling kecil.

Sedangkan bau akibat lembab bisa diantisipasi dengan menggunakan silica gel. Bisa dibeli di toko bahan kimia. Silika gel berfungsi untuk menyerap kelembapan yang berlebihan. Taruh 2 – 3 kemasan silika gel berukuran kecil ke dalam helm. Nah, kelar deh. Besok helm bisa dipakai.

Text: Teguh Choya (teguhjiwabrata@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Teguh Ch
  71 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !