Modifikasi Honda CBR 250R 2014 : Broad Tracker Racikan PKC Siap Terbang Ke Yokohama Hot Rod Custom Show 2017
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-MODIFIKASI
29
Nov
2017

Modifikasi Honda CBR 250R 2014 : Broad Tracker Racikan PKC Siap Terbang Ke Yokohama Hot Rod Custom Show 2017

  10487   0

JAKARTA, ME. Honda CBR 250R memang terlahir dengan kapasitas mesin yang mumpuni untuk di ranah balap bradsis, selain itu fairing yang menempel membuat motor ini di gemari pecinta racing. Beda halnya dengan work shop Puspa Kediri Custom (PKC) satu ini, Honda CBR 250R disulap untuk melihat sisi lain penampilannya, bahkan loe akan kembali bernostalgia ke era 1930-an.

Untuk basic motornya sendiri Honda CBR 250R tahun 2014, guna mendapatkan tampilan motor broad tracker PKC hanya menggunakan mesin dan sistem pengeremannya saja bradsis. Diawali dengan pembuatan rangka dengan menggunakan bahan pipa seamless berukuran 25 mm dan 28 mm.

Tangki berukuran kecil, spakbor belakang, serta tool box dibuat menggunakan bahan plat galvanis 1 mm, lainnya dibuat secara hand made dengan besi plat, bradsis. Aya selaku punggawa PKC mengatakan bahwa projec kali ini memang dipersiapkan untuk event Kustomfest 2017 bradsis.

Sementara Aris selaku builder dari PKC menceritakan proses demi proses pembuatan motor custom broad tracker. "Berhubung teknologi dan fitur dari motor ini tidak seperti motor biasanya, jadi cukup memakan waktu lama dalam pengerjaan. Contohnya kelistrikan yang awalanya DC injeksi kita ubah menjadi DC karbu, begitu juga pada bagian pengereman," paparnya.

Awalnya motor CBR 250 sudah mendapatkan teknologi CBS di pengereman depan, namun di tangan PKC sistem CBS diubah menjadi penempatannya. "Awalnya posisi CBS ada di rem tangan, tapi kita ubah menjadi rem kaki sehingga handel rem tangan sudah tidak ada lagi. Sistem kerjanya kini hanya tinggal menekang rem kaki, maka kedua ban akan mengurangi kecepatan ban," ujar Aris.

Begitu juga pada radiator yang masih difungsukan secara wajar, bahkan di bawah jok terdapat 2 box yang difungsikan untuk kelistrikan dan cadangan air radiator bradsis. Untuk memperkuat penampilan beberapa aksesori aftermarket juga ikut dimodifikasi.

Warna hijau terpilih untuk mencuri perhatian para pengunjung. Pengerjaan motor ini memakan waktu hingga berbulan-bulan bradsis. "Pengerjaan motor ini memakan waktu hingga empat bulan karena memindahkan fitur combi brake ke belakang ternyata cukup sulit. Yang tersisa dari Honda CBR 250R ini hanya mesin dan rem saja, sisanya hasil buatan dan modifikasi kami,” tambah Aya.

Di Kustomfest 2017, motor Paing Saddewa karya PKC mendapat penghargaan bradsis. Sekaligus bikin PKC berkesempatan ikut Indonesia Attack mewakili Indonesia di event 26th Yokohama Hot Rod Custom Show 2017, di Pacifico, Yokohama Jepang dengan karya Broad Tracker Honda CBR 250R.


Pesan Inspiratif: Berani menampilkan sesuatu yang baru, karena mungkin bagi sebagian builder dengan modernnya teknologi dan fitur malah dihindari bukan menjadi tantangan tersendiri.
Saran Tim ME: Pada bagian jok sepertinya bagus jika mendapat ukuran atau bahkan beberapa sentuhan bradsis!
Penilaian Tim ME: (9*): Mantaff, geleng-geleng dan salut untuk PKC!
Note: (1 *) : Kacau Banget, (2*): Payah, (3*) : Kurang kreatif, (4*) Terlalu biasa : (5*): Oke, tapi… (6*): Lumayanlah (7*): Bagus, (8*): Keren, (9*): Mantaff, (10*): Dahsyat

Data Modifikasi:
Frame / Chasis: CUSTOM RIGID BY PUSPA KEDIRI CUSTOM, Engine: HONDA CBR 250CC 2014, Transmission: STOCK, Front Wheels: AVON 21 IN TK 21, Rear Wheels: AVON 21 IN TK 21, Suspension System: SPRINGER, Pipes / Exhaust    : STAINLESS KUSTOM, Body Works & Painting: PUSPA KEDIRI CUSTOM, Accessories: SEAT LEATHER CUSTOM.

Workshop: Puspa Kediri Custom (PKC), Jl.Rambutan rt 09/11 no 54 Jati Mekar, Jati Asih, Bekasi Selatan.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Istimewa
  56 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !