Berikut 4 Cara Mudah Rawat Liner Helm Agar Tidak Cepat Rusak, Nomor 2 Paling Mudah Tapi Susah Dihindari
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
PERAWATAN
03
Des
2017

Berikut 4 Cara Mudah Rawat Liner Helm Agar Tidak Cepat Rusak, Nomor 2 Paling Mudah Tapi Susah Dihindari

  7073   0
Rawat Liner Helm
Rawat Liner Helm

JAKARTA, ME. Liner helm adalah bagian dalam helm yang bersinggungan langsung dengan kepala bikers bradsis. Selain berfungsi untuk meredam getaran dan melindungi kepala, liner juga memberi kenyamanan.

Kondisi liner yang  mengembang atau tak kempis, membuat helm bisa terpasang erat di kepala. Demikian pula kondisi liner yang bersih bisa membuat kepala senantiasa sehat. Tak mudah diserang penyakit kulit yang kerap membuat kepala merasa gatal.

Lantas bagaimana agar liner helm bisa awet? Berikut 4 cara mudah rawat liner helm agar usianya tahan lama dan kepala tetap nyaman;

1.Hindari helm dari panas dan bahan kimia
 Tips pertama yang mudah dilakukan yaitu tidak meletakkan atau menaruh helm di tempat yang panas, di dekat uap bahan kimia, bensin atau asap. Panas dan berbagai zat tersebut bisa bereaksi dengan helm. Kemudian mengakibatkan kerusakan. Suhu yang panas bisa merusak bagian liner helm yang terbuat dari styrofoam.  Nah,  sekarang sudah tau kan, menaruh helm di atas tutup tangki bensin itu bisa merusak liner helm.

2.Jangan menaruh helm di spion
Kebiasaan lain yang berpotensi merusak bagian liner helm yaitu menaruh helm di spion. Kebiasaan ini bisa membuat liner terlalu sering mengalami tekanan. Dalam jangka waktu yang lama, struktur liner helm akan rusak sehingga liner menjadi lebih cept kempis. Gunakan tali yang disediakan untuk menggantung helm, bradsis juga bisa menggunakan jaring agar helm bisa ditaruh di jok belakang. Hal ini sebenarnya paling mudah dilakukan bradsis, tapi karena sudah jadi kebiasaan, makanya jadi susah dihindari.

3.Gunakan pelindung kepala
Zat kimia yang berasal dari minyak rambut atau pomade, serta kondisi lembap akibat keringat juga menjadi salah satu faktor penyebab liner menjadi cepat usang. Maka, sebaiknya kenakan pelindung kain kepala, misalnya; buff atau bandana. Selain bisa membuat awet, lapisan tersebut membuat liner tak mudah kotor.

4.Cuci liner helm
Berikutnya, jangan lupa mencuci liner helm jika sudah kotor. Tak ada ketentuan pasti yang mengharuskan liner dicuci dalam jangka waktu tertentu, paling tidak 2 minggu sekali. Lepas liner yang akan dicuci, lalu rendam dalam air hangat yang dicampur dengan sabun. Awas ya, jangan dikucek dan diperas, agar tidak merusak bentuk busa. Bilas dengan air bersih, lalu dikeringkan.

Mudahkan bradsis!

 

 

 

Text: Teguh Choya (teguhjiwabrata@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Istimewa
  31 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !