Indikasi Laher Roda Minta Ganti Baru Dan Cara Mudah Merawatnya
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
PERAWATAN
04
Des
2017

Indikasi Laher Roda Minta Ganti Baru Dan Cara Mudah Merawatnya

  1189   0
Rawat Bearing Roda
Rawat Bearing Roda
Rawat Bearing Roda
Rawat Bearing Roda
Rawat Bearing Roda
Rawat Bearing Roda

TANGERANG, ME. Musim hujan memang sering mangakibatkan genangan di beberpa ruas jalan bradsis. Saat sepeda motor menerobos genangan tersebut, guyuran air dapat melunturkan pelumas rantai dan laher. Selain itu, berbagai zat yang terlarut dalam air juga bisa memicu laher menjadi mudah berkarat.

Makanya merawat laher roda dengan cara membersihkan dan melumasinya dengan grease, menjadi keharusan saat musim hujan tiba. Dalam kondisi yang masih baru, bearing atau laher sudah dilumuri pelumas oleh pabrikan, namun pelumas tersebut dalam jumlah sedikit. Putaran roda dan beban yang selalu disangga oleh bearing juga mengakibatkan pelumas menjadi kian sedikit jumlahnya.

Chandra, montir  bengkel KRS di daerah, Tangerang, selalu menambahkan pelumas sebelum bearing dipasang. “Selin untuk melumasi, grease juga berguna untuk melindungi bearing agar tidak mudah berkarat. Pelumas membuat bearing bersifat kedap air. Air mengandung zat yang bisa membuat laher menjadi berkarat. Terutama di bagian pelor-pelornya,” tutur Bowi.

Untuk laher yang sudah lama dipakai harus rajin dibersihkan. Buka roda lalu lepas roda, setelah itu buka karet/sil pelindung laher. Bersihkan dengan kain, Semprot dengan cairan penetran. Cairan ini berfungsi untuk menghilangkan karat dan berbagai zat pemicu terjadinya karat. Langkah berikutnya, olesi bagian luar laher dengan grase.

“Setiap kali kelipatan jarak tempuh 4.000 km, disarankan agar melakukan pengecekan kondisi bearing, bradsis. Jika sudah oblak, jangan menunda-nunda lagi, segera ganti dengan yang baru. Gejala lain yang mengindikasikan bahwa bearing harus diganti yaitu munculnya rembesan berwarna cokelat dari poros roda. Cairan itu menendakan bearing mengalami korosi alias berkarat,” pungkas Bowi.


 

Text: Teguh Choya (teguhjiwabrata@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Teguh Ch
  32 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !