Ini Alasan Motor Manual Tidak Bisa Sembarangan Pakai Oli Matik
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
KNOWLEDGE
13
Des
2017

Ini Alasan Motor Manual Tidak Bisa Sembarangan Pakai Oli Matik

  2350   0
Oli manual vs matik
Oli manual vs matik
Oli manual vs matik
Oli manual vs matik

JAKARTA, ME. Seperti brad n sis ketahui, oli motor berkualitas memang harus memliki beberapa fungsi utama, seperti mampu melapisi logam mesin kendaraan dan menjaga mesin agar tidak cepat aus.

Oli juga harus mampu melindungi dari gesekan putaran mesin, sehingga tidak menimbulkan gram-gram (rontokan dari gesekan logam) yang bisa mengakibatkan kerusakan. Selain itu, oli juga sebaiknya mampu menjaga kopling agar tidak selip.

“Konsistensi dan produk sesuai dengan spesifikasi menjadi salah satu syarat utama oli berkualitas yang terpercaya,” kata Andy Tanu, selaku ahli oli dari Vrooam.

Lebih lanjut Andy menekankan bahwa merek oli terkenal dan harga bisa menjadi cerminan sekaligus jaminan kualitas oli. “Jarak tempuh yang tertera dengan label produk harus sesuai dengan kualitas yang sesungguhnya. Produsen oli terkenal meracik oli dengan bahan yang memiliki mutu terjamin,” imbuhnya.

Oli berkualitas memiliki kemampuan meredam panas serta mampu menjaga mesin tetap stabil. Hal lain yang harus diperhatikan saat memilih oli yaitu spesifikasi dan  peruntukannya.

Oli motor yang diperuntukkan bagi motor manual berbeda dengan oli yang diperuntukkan untuk kendaraan matik.  Penggunaan jenis oli yang tidak sesuai dengan peruntukannya memang tidak akan mengakibatkan gejala apapun pada awalnya. Namun jika hal ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama, dapat menimbulkan kerusakan mesin.

Motor manual menerapkan teknologi kopling basah, sepeda motor seperti ini menggunakan jenis oli dengan kode JASO MA. Oli ini mendapatkan tambahan zat adiktif yang berguna untuk menetralisir kotoran yang dihasilkan dari rontokan kampas kopling.

Sedangkan motor matik menerapkan teknologi kopling kering. Fitur ini butuh pelumasan dengan oli berkode JASO MB. Oli ini tidak ditambah adiktif.

Oli JASO MB memiliki karakter fisik lebih licin dibandingkan dengan oli JASO MA. Jadi, jika motor manual dipaksa pakai oli matic (JASO MB) pada putaran tinggi kemungkinan kopling akan selip.

 

Text: Teguh Choya (teguhjiwabrata@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Teguh Ch
  29 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !