Setting Harley-Davidson Untuk Drag, Perhatikan 4 Hal Berikut
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
UPGRADE PERFORMA
20
Des
2017

Setting Harley-Davidson Untuk Drag, Perhatikan 4 Hal Berikut

  13980   0
Setting Harley-Davidson Untuk Drag, Perhatikan 4 Hal Berikut
Setting Harley-Davidson Untuk Drag, Perhatikan 4 Hal Berikut

JAKARTA, ME. Adanya gelaran Indonesian Big Bike Drag Race Championship 2017-2018 membuat para pecinta balap trek lurus menjadi bergairah, khususnya para pemilik motor besar seperti Harley-Davidson. Namun, ubahannya sedikit berbeda dengan motor cc kecil, bradsis..
 
Djoko Iman Santoso, dari SpeedLovers Indonesia, ikut berbagi tips saat konferensi pers Indonesian Big Bike Drag Race Championship 2017-2018 di showroom Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta. Iman yang dulu juga pernah turun di ajang kebut trek lurus 13 tahun lalu ini sedikit berbagi tips mengenai setting Harley-Davidson.
 
"Ada 4 bagian yang mendasar untuk drag bike Harley-Davidson, antara lain mesin, transmisi, suspensi, dan ban," buka Iman yang dulu turun bersama tim Monochrome.
 
Mesin
Di bagian mesin, ada beberapa bagian yang menurut Iman sangat mendasar untuk diganti dengan Performance Parts. "Bagian cam sudah pasti diganti. Lalu, manajemen bahan bakar atau asupan bahan bakar juga diganti. Entah itu ganti karburator atau injector jika yang sudah EFI. Selain itu, air fuel ratio (AFR) dan pengapian juga harus diperhatikan," jelas Iman.
 
Transmisi
Motor Harley-Davidson menggunakan belt sebagai penghantar power dari mesin ke bagian roda. Bagian ini harus diganti dengan rantai. "Kalo belt, variasi ukuran pulley-nya cuma sedikit. Saat start juga digas bisa slip atau bahkan berbalik belt-nya. Jika pakai rantai, ukuran gir ratio bisa itu bervariasi dan power delivery dari mesin ke roda bisa tersalurkan dengan baik. Gir ratio juga salah satu yang paling krusial," paparnya.
 
Suspensi
Banyak yang berpikir untuk drag itu suspensi belakang harus dibuat rigid agar tidak terjadi loss power. Namun, anggapan ini salah, bradsis. "Suspensi belakang itu bukannya dibuat rigid. Harus tetap main, tapi rebound-nya harus di-setting agar baliknya lama," ujar Iman.
 
"Saya lihat juga sudah ada tim yang ganti suspensi depan dengan suspensi PMFR (Precision Metal Fab Racing). Suspensi ini juga dipakai di balap drag race Harley-Davidson di Amerika. Suspensi depan full set dengan segitiga dan as roda, beratnya tidak sampai 5kg," sambungnya.
 
Ban
Power mesin sudah besar, suspensi sudah mumpuni, percuma jika bannya enggak mendukung, bradsis. "Ban juga termasuk krusial. Berbeda dengan motor cc kecil yang kalo drag pakai ban kecil. Untuk motor besar, ban diganti dengan yang contact patch atau bidang sentuh ke aspal besar atau luas. Biasanya, pakai ban merek Mickey Thompson," pungkas Iman.

Text: Donny (donnyantoro@gmail.com),
Photo: Donnyantoro
  414 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !