Gara-Gara Jarang Rawat Motor Starter, Ibu Ini Kena Tipu Beli Aki Baru
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
PERAWATAN
26
Des
2017

Gara-Gara Jarang Rawat Motor Starter, Ibu Ini Kena Tipu Beli Aki Baru

  2741   0
Rawat Dinamo Starter
Rawat Dinamo Starter
Rawat Dinamo Starter
Rawat Dinamo Starter
Rawat Dinamo Starter
Rawat Dinamo Starter
Rawat Dinamo Starter
Rawat Dinamo Starter
Rawat Dinamo Starter
Rawat Dinamo Starter

BEKASI, ME. Seperti halnya komponen mesin lainnya, motor starter pada tunggangan jenis apapun perlu perawatan bradsis, tak terkecuali motor starter pada motor matik. Memang sih, secara fungsi enggak berkaitan dengan mesin, makanya jarang yang cek dan merawat motor starter. Biasanya baru dicek atau dibongkar setelah ada masalah.

“Baiknya dilakukan pengecekan rutin dan dibersihkan dalemannya dari debu dan kotoran. Jangka waktunya setahun sekali juga cukup kok brad n sis, biar bisa ketahuan apakah brush (sikat-sikat) dibamo starter atau motor starternya sudah habis atau belum,” tutur Hendry Wijaya, punggawa Abadi Motor.

Pasalnya kalau peranti yang juga biasa disebut arang starter ini habis, pasti starter otomatisnya enggak bakal bisa berfungsi. Ujungnya sang empunya, bahkan mekanik bengkel mengira akinya yang bermasalah, sehingga enggak kuat starter.

Pebengkel ngepos di Jl. Raya Jatiasih, Bekasi Selatan ini menceritakan bahwa ada ibu-ibu pembesut Yamaha Mio J, yang starter otomatisnya ogah nyala. Padahal sudah dibelikan aki baru atas anjuran mekanik bengkel, tapi tetap saja penyakitnya belum sembuh bradsis.

“Nah, setelah ibu-ibu penunggan Mio J tersebut datang ke bengkel, saya sarankan cek dan ganti brush starternya. Selanjutnya motor starter dibongkar dan ketahuan dah kalo brush starter sudah habis. Pas dibongkar, serpihan arang langsung bertaburan. Wajar saja karena dari baru, belum pernah dicek maupun dibersihkan,” imbuh pria yang didampingi 2 mekanik.

Jadi bila bradsis mengalami masalah mesin susah hidup pakai starter otomatis, jangan langsung curiga akinya yang bermasalah. Periksakan dulu mtor starternya bradsis, cukup modal Rp 50 ribu untuk bongkar pasang dan tebus brush starter baru, starter otomatis lancar kembali.

“Intinya enggak bakal kena tipu oleh mekanik bengkel untuk beli aki baru, bila bradsis rajin cek atau rawat motor starter,” pungka Hendry.

Abadi Motor: 0821-11970836

Text: Banar (bhandhes.79@gmail.com),
Photo: Banar, Istimewa
  27 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !