Trik Jitu Bikin Vespa 2 Tak Serasa RX-King
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
UPGRADE PERFORMA
04
Jan
2018

Trik Jitu Bikin Vespa 2 Tak Serasa RX-King

  1303   0
Up Grade Performa Vespa 2 Tak
Up Grade Performa Vespa 2 Tak
Up Grade Performa Vespa 2 Tak
Up Grade Performa Vespa 2 Tak
Up Grade Performa Vespa 2 Tak
Up Grade Performa Vespa 2 Tak
Up Grade Performa Vespa 2 Tak
Up Grade Performa Vespa 2 Tak

JAKARTA, ME. Meski terbilang tunggangan lawas, Vespa 2 tak, bisa dibilang tunggangan yang enggak ada matinya bradsis. Bahkan makin banyak Vespa 2 tak yang dikorek agar larinya tambah kenceng, baik dengan aplikasi part racing maupun custom / tuner.

Seperti yang dipraktekin Prabandono Dwiputra pada mesin Vespa PX miliknya. Cukup dengan memperbesar atau porting polish beberapa bagian penting dari mesin; kepala silinder (Cylinder Head) dan membran, Vespa PX kesayangannya makin ngacir.

Dengan ubahan seperti itu saja, performa motor udah cukup buat nyaingin motor-motor 2 tak lainnya bradsis. Cara ini dilakukan bagi skuterist yang mau hemat biaya, tapi kalo mau yang praktis, peranti yang udah jadi bisa dibeli di pasaran.

“Biar tarikan makin responsif dan ngacir serasa RX King, tuner bagian kepala silinder dan membran wajib dilakuin. Tujuannya untuk memperkaya suplai BBM ke ruang bakar agar pembakaran lebih maksimal. Tapi terlepas dari itu, juga perlu atur ulang kompresi, disesuaikan agar motor enggak mendem atau teriak. Buat harian bisa aja kok, tapi efeknya akan berasa boros bahan bakar,” kata Doni, sapaan akrab mekanik dari P36 Scooter.

Selain itu, mekanik yang ngepos di Jl Poncol 2 RT012/07 No. 36, Pondok Bambu, Jaktim, ini juga nganjurin pergantian karburator agar proses setting jauh lebih mudah. Peranti tersebut bisa comot dari motor 2 tak lainnya, seperti kepunyaan RX-King, Ninja 150 atau bisa juga beli versi aftermarketnya.

Berikut trik jitu bikin Vespa 2 tak ngacir serasa RX King;
1. Porting pada bagian kepala silinder. Biasanya menggunakan mata bor tuner panjang, cukup dipapas 0,5 mm.
2. Setelah diporting, langkah selanjutnya bisa polish / diperhalus dengan mata tuner berbentuk bulat. Uniknya, mata tuner milik Doni ini dari material batu marmer yang menurutnya lebih kuat.
3. Membran juga perlu sedikit diperbesar, agar jalur masuk bahan bakar lebih optimal. Tapi Doni melakukannya hanya pada bagian bibirnya saja
4. Selain bibir membran, bagian jendelanya gak luput dari mata tuner

P36 Scooter: 0813-8713-1368

 

Text: Dimas (dimasmotorexpertz@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Dimas
  23 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !