Jangan Asal Tebus! Berikut 4 Hal Penting Saat Memilih Spion Aftermarket
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-TIPS
05
Jan
2018

Jangan Asal Tebus! Berikut 4 Hal Penting Saat Memilih Spion Aftermarket

  11742   0

JAKARTA, ME. Selain untuk mendukung keselamatan berkendara, penggunaan kaca spion juga meningkatkan penampilan motor bradsis. Oleh karena itu bila pengin ganti spion orisinal dengan versi aftermarket, jangan asal pilih.

Jangan salah juga dalam menggunakan kaca spion, apa lagi jika tidak menggunakan, surat tilang bisa loe bawa pulang. Dalam undang-undang tertulis UU No.22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, bagi pihak yang kedapatan berkendara tanpa kaca spion, akan dikenakan sanksi berupa denda maksimal Rp 250 ribu rupiah.

Guna mendapatkan penampilan dan keselamatan, berikut 4 hal penting saat memilih spion aftermarket;

1. Penampilan motor yang kekinian pilih spion dengan bentuk yang modis. Asalkan tidak mengganggu dalam melihat bagian belakang motor (blank spot) dan tidak terhalang oleh lengan loe bradsis.

2. Fungsi lain spion menjadi batas patokan kemudi dengan kendaraan lain, jadi cari kaca spion yang batangnya agak lebih panjang dari setang.

3. Guna mendapatkan penglihatan yang menyeluruh (lebih luas), gunakan spion dengan model kacanya yang agak cembung (konvex mirror).

4. Jangan terlalu sering menyeting posisi kaca spion atau menjadikan kaca spion sebagai tempat menaruh helm ketika parkir, karena akan membuat kaca spion menjadi cepat longgar.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Dok. ME
  271 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !