Berikut 4 Rahasia Vespa 2 Tak Siap Gas Pol Setiap Saat
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
PERAWATAN
08
Jan
2018

Berikut 4 Rahasia Vespa 2 Tak Siap Gas Pol Setiap Saat

  13573   0

JAKARTA, ME. Dalam hal perawatan, Vespa 2 tak terbilang mudah bradsis, oleh karena itu banyak dari pecinta roda dua yang menggunakan motor Vespa 2 tak untuk harian. Minimnya perawatan, pastinya tidak membuat kantong cepet bolong.

Mudahnya perawatan juga dijabarkan oleh Nario, pemilik bengkel Abadi Motor yang berlokasi di wilayah Joglo Raya. "Saya main Vespa sejak tahun '86. Buka usaha bengkel Vespa di sini udah 13 tahun, untuk perawatan Vespa itu mudah, asal rajin ganti oli," paparnya.

Lebih lanjut Nario juga menerangkan cara merawat Vespa 2 tak agar selalu siap saat ingin digunakan setiap saat. Pertama, kabel presneling jangan sampai kendor, karena kalau kendor akan membuat brad n sist sulit untuk berpindah transmisi.

Kedua adalah busi, part ini terbilang vital pada Vespa 2 tak. Oleh karena itu banyak dari pengguna Vespa yang selalu membawa busi cadangan. Maka dari itu sering-seringlah memeriksa busi dan membersihkannya dari kerak dengan amplas dan bensin.

Ketiga, bersihkan karburator dari kotoran yang menyumbat secara rutin sebulan sekali. Semprotkan udara bertekanan (kompresor) pada spuyer serta komponen lainnya.

Terakhir atau keempat, jangan biarkan bodi Vespa dalam keadaan kotor terlalu lama. Pasalnya, bodi Vespa terbuat dari plat/besi, jadi akan mudah berkarat jika terlalu lama dibiarkan kotor. Perhatikan pula bagian bawah/kolong Vespa, karena bagian ini biasanya jadi bagian yang paling kotor dan mudah keropos jika dibiarkan kotor.

"Bagian bodi Vespa tentu menjadi salah satu bagian yang terpenting, karena banyak orang yang terkesima dengan Vespa karena bodinya yang unik dan klasik. Maka dari itu bagian ini juga perlu perawatan intensif. Pemolesan bodi juga bisa dilakukan bradsis, agar warna motor Vespa loe tetap mengkilap," pungkas Nario.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Dok. ME
  280 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !