Wacana Ganjil Genap Muncul Pasca Dicabutnya Larangan Motor Melintas Thamrin-Monas
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-REVIEW
11
Jan
2018

Wacana Ganjil Genap Muncul Pasca Dicabutnya Larangan Motor Melintas Thamrin-Monas

  1072   0

JAKARTA, ME. Pengendara sepeda motor kembali menjadi sorotan pemerintah terkait aturan lalu lintas. Bahkan dalam hal ini adanya putusan MA terhadap putusan pergub DKI No.141 tahun 2015, untuk mengembalikan jalur Thamrin - Monas, bagi pengguna sepeda motor bradsis.

MA berpendapat Pergub DKI Nomor 141 Tahun 2015 bertentangan dengan peraturan perundang-undangan. Regulasi itu tak sesuai dengan Pasal 133 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas, Pasal 11 UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dan Pasal 5 dan 6 UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

Dengan dicabutnya aturan tersebut, brad n sis mulai saat ini dapat menggunakan kembali jalur Thamrin - Monas. Namun hal ini menuai pro kontra, salah satunya dari Darsmaningtyas, selaku Ketua Bidang Transportasi.

“Putusan MA yang membatalkan kebijakan pembatasan motor di kawasan Thamrin itu bertentangan dengan UU LLAJ dan Perda tersebut. Dari kaca mata saya, untuk lokasi tersebut (Jalan MH Thamrin-Medan Merdeka Barat) seharusnya sudah benar, karena transportasi umumnya sudah ada,” ucap Dharmaningtyas.

Lebih lanjut “Kalau sekarang dibatalkan, lalu nanti dibatasi lagi, malah semakin susah. Jangan lihat kondisi saat ini yang memang belum steril, sehingga transportasi umum yang ada terkesan belum maksimal. Saat infrastruktur sudah selesai, semua transportasi akan sesuai fungsinya".

Untuk mendukung putusan MA, Kasubdit Penegakan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, "Saat ini kami masih berkoordinasi dengan Pemprov DKI untuk menentukan tindak lanjut terkait putusan MA tersebut. Kepada anggota juga sudah kami sosialisasikan, tidak ada penindakan, kecuali motor tersebut melakukan pelanggaran lain, misalnya tidak menggunakan helm," pungkasnya.

Disaat yang berbeda, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra menyayangkan pencabutan larangan motor melintas. Pembatasan sepeda motor melintas dinilai menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan efektif mengurangi kemacetan.

Halim mengusulkan untuk diberlakukan pembatasan sepeda motor yang melintas di ruas jalan tersebut. Salah satunya menerapkan sistem ganjil-genap bradsis.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Istimewa
  14 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !