Hati-Hati! Salah Pilih Panjang Pendek Busi Bikin Mesin Berantakan
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
KNOWLEDGE
12
Jan
2018

Hati-Hati! Salah Pilih Panjang Pendek Busi Bikin Mesin Berantakan

  1399   0

JAKARTA, ME. Panjang pendek busi tiap motor berbeda-beda bradsis, makanya tidak boleh salah dalam penggunaan, karena akan berakibat fatal terhadap mesin motor. Tak jarang juga dikarenakan tidak adanya stok busi yang sesuai dengan spesifikasi anjuran pabrik, pilihan busi seadanya. Hal inilah yang menimbulan efek samping yang bakal menjalar ke mesin.

Biasanya beberapa mekanik mengenal dengan kata busi panas dan busi dingin, atau brad n sis bisa melihat dengan bentuk fisik. Busi dingin memiliki insulator yang lebih pendek, sedangkan busi panas insulator lebih panjang.

Seperti yang dilansir dari Honda Community, salahnya penggunaan busi yang harusnya aplikasi busi panjang, tapi mengandalkan busi pendek, membuat tidak sampainya ujung pengapian ke ruang pembakaran. Efeknya pembakaran tidak sempurna dan performa tunggangan justru menurun. Selain itu, kotoran karbon akan mengumpul di sisi ulir, maka busi pun lebih cepat mati.

Memasang busi panjang untuk mesin yang seharusnya pakai busi pendek, lebih fatal lagi bradsis. Ujung busi yang jauh nongol ke dalam ruang pembakaran, bisa bikin mesin berantakan. Busi akan berbenturan dengan piston dan rusak secara mekanik. Atau ujung derat busi yang nongol menjadi sangat panas dan menjadi sumber pembakaran dini yang berakibat rusaknya piston.

Oleh  karena itu berhati-hatilah dalam pemilihan panjang pendeknya busi. Jika berganti merek, lihat lebih dulu bentuk fisiknya, bahkan juka memungkinkan ukur dengan busi yang biasa digunakan untuk mendapatkan pembakaran dan tenaga yang maksimal.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Dok. ME
  12 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !