Hati-Hati! Telepon Dan Komunikasi Sambil Berkendara Berpotensi Meningkatkan Resiko Kecelakaan 400%
FDR Tire
SSS chain
Corsa Ekonomis
KNOWLEDGE
13
Jan
2018

Hati-Hati! Telepon Dan Komunikasi Sambil Berkendara Berpotensi Meningkatkan Resiko Kecelakaan 400%

  4977   0

JAKARTA, ME. Walaupun sudah banyak korban kecelakaan di jalanan akibat menggunakan handphon dan sejenisnya sambil berkendara, para bikers seakan tidak pernah kapok bradsis. Para pengendara sepeda motor seakan tidak memikirkan akibat yang akan terjadi jika kegiatan ini dilakukan saat berkendara.

TextingAccident.com menuliskan penelitian terkait aktivitas pengendara yang menggunakan handphone saat berkendara bisa mengurangi aktivitas otak hingga 37% dan bisa meningkatkan resiko kecelakaan di jalan hingga 400%. Wow.. ngerih..

Di Indonesia aturan ini sudah tertulis dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas. Di dalamnya terdapat pasal yang berhubungan dengan penggunaan handphone, yaitu Pasal 106 ayat 1. Setiap pengendara wajib menjalankan kendaraannya dengan konsentrasi.

Konsentrasi yang dimaksud adalah fokus berkendara dan disaat brad n sis ingin menggunakan handphone, ada baiknya menepi di tempat yang aman. Begitu juga dengan berkomunikasi, walaupun bisa menjadi pengganti obat jenuh, kegiatan ini tidak disarankan disaat brad n sis sedang berkendara.

Jika brad n sis masih melakukan kegiatan ini, sudah melanggar Pasal 283 pada UU No. 29 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menyebutkan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1), dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp 750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Dengan berkonsentrasi saat berkendara tanpa bermain handphone dan komunikasi yang berlebihan, pengendara akan mengetahui situasi dan melakukan reaksi secara cepat saat terjadi sesuatu di depannya, sehingga dapat terhindar dari kecelakaan. Tetap safety dalam berkendara bradsis.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Teguh JSC
  145 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !