Masih Berani Cuci Motor Selagi Mesin Masih Panas? Berikut Efek Sampingnya
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
KNOWLEDGE
14
Jan
2018

Masih Berani Cuci Motor Selagi Mesin Masih Panas? Berikut Efek Sampingnya

  1918   0

JAKARTA, ME. Cuaca yang tidak menentu pastinya membuat brad n sis sedikit gelisah melihat kondisi motor yang kotor. Tak jarang sang empunya tunggangan yang ingin selalu melihat kondisi motornya tetap bersih, sehingga langsung mencucinya tanpa memperhatikan kondisi suhu mesin.

Setelah motor digunakan dengan kondisi suhu mesin yang masih panas, tak jarang langsung di siram air untuk dibersihkan, baik cuci sendiri ataupun  cuci steam. Kebiasan seperti ini malah berefek samping loh bradsis.

Seperti yang tim ME lansir dari Honda Community, bagian logam pada komponen motor dan air dingin saat akan mencuci merupakan dua hal yang bertentangan. Ketika besi panas langsung terkena air dingin, terjadi perubahan suhu yang drastis, hal ini memberikan dampak yang sangat buruk.

"Kasus yang pernah terjadi adalah blok mesin menjadi retak saat tiba-tiba diguyur dengan air ketika kondisi mesin masih sangat panas. Hukum fisika pun menyebutkan saat terjadi perubahan suhu secara drastis, bisa membuat terjadinya perubahan, dalam kasus ini besi atau logam yang rusak," papar Ade Rochman Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM).

Efek dari kejadian ini pastinya tidak langsung bradsis, jika dilakukan berulang-ulang pastinya akan semakin cepat kerusakan itu terjadi. Salah satu yang sering ditemukan adalah leher pipa knalpot yang berwarna krom berubah warna kekuningan.

Walaupun motor dibuat untuk kegiatan outdoor, bukan berarti bisa sembarangan langsung dicuci untuk  mendapatkan penampilan yang istimewa. Jadi saat kondisi suhu mesin masih panas, berikan jeda waktu 5- 0 menit sebelum dibersihkan ya.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Dok. ME
  11 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !