Upgrade Performa New Honda Vario 150 eSP, Trik Buat Yang Overweight
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-TIPS
28
Jan
2018

Upgrade Performa New Honda Vario 150 eSP, Trik Buat Yang Overweight

  61384   0

Tangerang Selatan, ME. Ini mungkin salah satu trik Andika Pratama agar New Honda Vario 150 eSP miliknya bisa makin ngacir. Pasalnya, pria ramah ini punya badan yang cukup gempal alias besar, yakni mencapai 110 kg. Dengan begitu, Ayah dua anak ini meng-upgrade performa besutan kesayangannya.

“Yup! Badan gue memang agak besar, meski Vario berkapasitas mesin 150 cc, tapi akselerasi besutan kurang nendang, brader! Makanya, gue coba mengaplikasika beberapa komponen penunjang kecepatan alias upgrade performa di Vario ‘pekgo’. Tujuannya, biar tarikan awal sampai akhir gak berat bin enteng,” jelas Andika, sapaan akrabnya.

Pria yang juga sebagai pendiri Jakarta Satria Club (JSC) ini mau berbagi trik biar akselerasi skutik Honda tersebut makin nendang. Pertama, menaikkan kapasitas mesin dari 150 cc menjadi 163 cc. Yakni, mengaplikasikan blok set label KTC diameter 60 mm. Untuk noken as, klep in-out masih bawaan pabrik dan head di porting polish.

Di sektor pengapian, ECU mempercayakan produk BRT Juken 5 berikut dengan T-BOX. Lalu, pematik pada busi alias koil masih pergunakan standarnya. Karena butuh lebih deras semburan bensin, injektor pake Honda CB150R yang punya 8 hole. Dari perubahan itu, Andika juga menggantikan pipa filter udara custom label G6 dan penyaring udaranya KTC.

Selain menaikkan kapasitas mesin, bagian CVT juga ikut dijamah, bradsis. “Biar kalo lagi macet-macetan, tarikan bawahnya gak terlalu lemot alias lebih enteng,” singkatnya.

Untuk itu, puli depan pakai merek GF Racing dan kipas puli SRP, sedang roller-nya dipasang BRT ukuran 16 gram. Lalu, kampas sentrifugal atau kampas ganda berikut mangkok kampas ganda dipasang merek Kawahara berikut V-Belt.

“Untuk mengimbangi semua ubahan ini gue ganti knalpot aslinya dengan produk lokal yang ada di daerah Pasar Lembang, Ciledug, Tangerang, Banten. Yaitu, SKR Racing Exhaust. Pake knalpot ini suaranya agak adem, tapi bikin power lebih ngejambak,” tutup Andika.

Monggo, bradsis!

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Teguh
  505 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !