Teliti Sebelum Membeli, Perhatikan Bagian-Bagian Helm Berikut Ini
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
PRODUCT KNOWLEDGE
01
Feb
2018

Teliti Sebelum Membeli, Perhatikan Bagian-Bagian Helm Berikut Ini

  16691   0
Product Knowledge Helm
Product Knowledge Helm

JAKARTA, ME. Helm merupakan perangkat yang sangat penting digunakan dalam berkendara. Beragam tipe pun bermunculan, mulai dari full face, half face, tipe cross sampai modular. Dengan hal tersebut, penggunanya pun harus teliti dalam memilih tipe yang diinginkan, agar rasa kenyamanan yang maksimal saat menggeber tunggangannya didapat dengan sempurna.

Namun, apakah brader n sista mengetahui part-part yang disematkan pada helm tersebut? Apapun motornya, kemanapun perginya #myhelMEtfirst. Berikut tim ME jabarkan, apa saja bagian-bagian yang ada di dalam helm beserta fungsinya dalam melindungi kepala bradsis ketika berkendara.

Shell
Shell atau yang biasa disebut dengan batok helm, merupakan bagian yang paling mendasar pada setiap helm. Ada beberapa macam bahan baku yang biasa digunakan dalam membuat shell, seperti; Tri Carbon Composite, hingga Advance High Impact Thermoplastic Resin.

Padding
Padding atau yang biasa disebut busa, merupakan bagian helm yang paling menentukan apakah nyaman atau tidaknya helm. Karena, padding sendiri dibuat dari bahan yang halus, demi kenyamanan ketika digunakan.

Tapi mesti pintar-pintar dalam memilihnya, karena ukuran masing-masing helm ditentukan dari size padding tersebut. Atau dengan kata lain, justru padding lah yang mempunyai ukuran dari XS sampai dengan XXXL. Namun, beberapa produsen helm lokal seperti KYT, juga sudah memproduksi shell yang mempunyai lebih dari satu ukuran.

Ratchet
Biasa disebut dengan dudukan visor. Fungsinya adalah mengunci agar visor tidak mudah terlepas. Ratchet sendiri disematkan melalui batok helm dengan memasangkan kembali baut agar tidak mudah kendor saat menurunkan atau menaikan visor.

Visor
Visor atau kaca helm berfungsi sebagai pelindung wajah dan mata dari terjangan angin, debu bahkan air hujan di saat berkendara. Visor sendiri memiliki dua jenis, yaitu; visor cembung dan visor datar (flat visor). Selain itu, bagian helm yang satu ini juga dapat menggunakan tear off dan pinlock, agar berkendara semakin lebih nyaman.

Anti fog
Kondisi suhu yang berbeda, dapat membuat sebuah visor helm berembun. Fungsi dari anti fog sendiri ialah untuk menghilangkan embun, terutama pada saat melewati cuaca dingin atau dalam kondisi hujan. Perangkat ini disematkan di dua pin yang berada di belakang visor dan sudah dilubangi. Kebanyakan dari para Helmet Lovers, menggunakan anti fog dengan merek Pinlock dan Raleri.

Tear off
Mempunyai bentuk yang serupa dengan anti fog, tapi tentu saja fungsi yang berbeda. Tear off lebih kepada untuk menjaga terpaan debu dan benda-benda keras agar visor helm tetap bisa digunakan saat berkendara. Posisinya pun berada di depan visor dan dikaitkan juga dengan tear off post. Pernah melihat ketika rider MotoGP melepas plastik sebelum balapan atau pada pertengahan lap? Nah, itu yang bisa disebut tear off.

Tali pengikat
Helm yang baik, juga harus mengutamakan perannya tali pengikat. Tak hanya satu tali pengikat saja, bahkan ada 3 jenis tali pengikat yang telah disematkan di beberapa merek helm. Tiga tali pengikat tersebut antara lain; quick release buckle, microlock buckle, sampai Double D Ring.

Spoiler
Sudah jelas, fungsi spoiler yang ada pada helm ialah untuk membuat sirkulasi udara di dalam maupun di luar helm pada saat berkendara menjadi lebih baik. Atau dengan kata lain, dapat mempengaruhi masuknya angin dari luar ke dalam helm dengan sempurna.

Butuh pengetesan yang mendetail untuk hal tersebut, seperti misalnya wind tunnel test yang mampu membaca gerakan arah hembusan angin, sehingga nantinya mampu membuat helm dengan sisi aerodinamis yang baik.

"Apapun motornya, ke manapun perginya, #myhelMEtfirst"

Text: Reza (reza@motorexpertz.com),
Text editor: Banar Giwantono,
  298 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !