Perawatan Pasca Banjir, Jangan Lupa Cek 5 Bagian Ini Biar Fit Kembali
GM Juli 2015
SSS chain
Corsa
ME-TIPS
13
Feb
2018

Perawatan Pasca Banjir, Jangan Lupa Cek 5 Bagian Ini Biar Fit Kembali

  1220   1

Jakarta, ME. Bradsis, saat ini hujan turun gak menentu, terkadang hujan deras dan terkadang gerimis. Namun, buat yang besutannya habis menerjang banjir dengan ketinggian mencapai betis kaki, jangan lupa buat mengecek lagi motornya. Apalagi, sampai motor itu mogok karena terendam air.

Untuk itu kita harus selalu mengeceknya. Apakah ada komponen yang diganti atau hanya dibersihkan aja, bradsis! Pasalnya, air yang masuk ke dalam mesin atau komponen motor bisa menimbulkan kerusakan atau keausan dikemudian hari.

“Karena kita gak tahu sampai mana air itu bisa menyelinap ke dalam mesin. Jadi, biar lebih aman saat dipakai, serta gak bikin repot dikemudian hari dan nyaman tanpa kendala selama kita pakai,” saran Oky Adityawan, mekanik Shintink Garage, daerah Pejaten, Jaksel.

Waduh, kudu di cek lagi nih, bradsis!

KAKI-KAKI

Agar roda bisa berputar dengan baik dan gak terasa goyang, baiknya cek kondisi bearing atau klaher roda. “Bisa diberikan gemuk atau disemprotkan pelumas agar dapat bekerja dengan baik,” papar Oky, mekanik Shintink Garage. Selain itu, bersihkan juga sistem pengereman dan juga lihat ketebalan kampas rem depan atau belakang. Begitu juga dengan tuas rem (paha rem belakang) serta kaliper rem depan diberikan pelumas.

CVT

Bagian ini terdiri dari puli depan, puli belakang, roller, belt, kampas ganda, per kampas ganda, dan per puli belakang. Meskipun tertutup, tapi dibawah cover CVT terdapat lubang guna mengeluarkan hawa panas dari ruang CVT. Nah, dari situ, air bisa masuk ke dalam. “Roller cukup dibersihkan, berikut rumah roller dan kampas ganda. Lalu, lihat kondisi belt, bearing atau klaher pada sliding shave atau puli belakang. Jangan lupa diberikan pelumas atau grease. Trus, cek juga oli rasio atau gardan, kalo berwarna putih berarti harus diganti baru,” saran Julius Johny Holle, mekanik JHM daerah Daan Mogot, Jakbar.

ENGINE

Coba deh, cek oli mesin setelah menerabas banjir dengan melihar dari dipstick atau tutup oli mesin. Jika oli tersebut berubah warna menjadi putih susu, berarti air masuk ke dalam ruang bakar dan itu bisa menyebabkan komponen mesin cepat rusak atau aus. Maka, oli mesin skutik kesayangan harus atau wajib ganti baru.

Lalu, cek filter udara. Apakah basah bensin atau air? Jika basah, sementara bisa dilepas, karena bikin tarikan brebet dan setelah itu harus ganti baru. Buat skutik tipe karbu, cek karburatornya apakah ada air yang masuk dibagian pengkabut?

“Caranya dengan membuka baut pembuangan bensin di karbu. Ada air atau gak tetap dibersihkan atau dibuang, biar lebih aman dikemudian hari. Sedangkan pada engine mounting, disemprotkan pake pelumas atau chain lube,” sambungnya.

KELISTRIKAN

Jalur arus listrik juga perlu dicek kembali, seperti soket-soket. Jika didiamkan akan menyebabkan korosi alias karat dan itu bisa bikin aliran listrik gak stabil, malah bisa krosleting. Bahaya kan! “Caranya gampang, kok! Jangan disemprotkan penetran penghilang karat, itu akan akan timbul korosi lagi. Baiknya dilumasi dengan grease guna melapisi agar gak karat,” saran Oky, pria ramah ini

BODI DAN RANGKA

Biasanya kalo sehabis pulang kerja atau kehujanan, tunggangan kesayangan males dibersihkan atau dicuci. Karena sudah capek sama pekerjaan dan dijalan. Wah, jangan dong kan biar motor tetap kinclong dan sehar wal afiat, braysis. “Alangkah baiknya, sehabis kehujanan atau melewati banjir, besutan di cuci kembali. Supaya kotoran atau sisa-sisa pasir yang menempel di bodi atau rangka bisa hilang,” tutupnya.

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Teguh
  30 Votes

Artikel Terkait

Komentar Anda
Guest
The information that you shared with us is very useful and thanks for sharing. Also, many thanks for permitting me to comment! Quicken Support Number Quicken Online Support Number Quicken tech Support Number HP Support Number
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !