Berikut 2 Penyakit Rem Yang Bikin Kuping Ngilu
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-TIPS
20
Feb
2018

Berikut 2 Penyakit Rem Yang Bikin Kuping Ngilu

  29438   0

JAKARTA, ME. Brad n sis pastinya pernah mendengan bunyi decit yang berasal dari rem, baik sistem cakram atau pun tromol. Ada beberapa penyebab dari bunyi decit tersebut, terlebih saat cuaca seperti sekarang hujan dan panas bradsis.

Seperti yang dijabarkan dalam web honda community, ada dua penyebab dari rem yang berdecit, yang bikin kuping bradsis maupun orang sekitar ngilu; pertama adalah kotor. "Hal tersebut memang umum terjadi, maklum saja karena part tersebut selalu dipakai dan sangat mudah kotoran masuk ke area tersebut. Jadi wajar kalau kotor, tapi jika sudah berdecit harap segera di bersihkan," ujar Komeng, Mekanik dari RPM Speed.

Penyebab yang kedua adalah gesekan. Kampas rem memiliki frame dari besi sehingga motor yang kurang perawatan hingga kampas habis, pastinya akan mendengar gesekan frame kampas dan piringan cakram.

"Bunyi decitan bisa juga karena besi kampas rem menempel ke besi piringan cakram, bunyi tersebut dihasilkan akibat gesekan. Efek lainnya adalah piringan cakram akan kegerus habis," sambungnya.

Gesekan pada piringan cakram dengan besi kampas tidak bisa dianggap enteng loh bradsis, karena berpengaruh pada kinerja rem. "Kalau memang kampas rem sudah tipis harus segera diganti, karena part tersebut sangat penting untuk menunjang keselamatan berkendara," pungkasnya. 

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Dok. ME
  300 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !