Tips Mudik Aman, Tetap Bisa Kendarai Motor Kesayangan di Kampung Halaman
FDR Tire
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-TIPS
10
Jun
2018

Tips Mudik Aman, Tetap Bisa Kendarai Motor Kesayangan di Kampung Halaman

  6787   0
Tips Mudik Aman, Tetap Bisa Kendarai Motor Kesayangan di Kampung Halaman
Tips Mudik Aman, Tetap Bisa Kendarai Motor Kesayangan di Kampung Halaman

JAKARTA, ME. Mudik merupakan fenomena tahunan yang ada di Indonesia, yaitu pergi ke kampung halaman untuk merayakan hari lebaran Idul Fitri bersama keluarga. Sebagai bikers melakukan perjalanan dengan motor memang cukup menguras tenaga, tapi ada triknya agar tetap bisa berkendara dengan motor kesayangan di kampung halaman, bradsis.

Triknya adalah menggunakan jasa ekspedisi untuk memaketkan motor ke kota tujuan. Lalu bagaimana dengan bikersnya? Nah, saat ini mudik dengan transportasi umum kini menjadi tren di kehidupan masyarakat Indonesia.

Selain waktu yang  fleksibel, brader and sista hanya perlu duduk manis dan menunggu sampai ketempat tujuan. Untuk moda transportasi  paling cepat, loe bisa menggunakan Kereta Api atau jalur penerbangan dengan menggunakan tiket Lion Air yang dikenal paling terjangkau, bradsis.

Tapi kali ini yang ingin tim ME tekankan adalah tips mengirimkan sepeda motor lewat ekspedisi secara aman dan sampai tujuan tepat waktu

Kenali jasa ekspedisi yang tepat.

Sebelum mengirimkan motor kesayangan kalian, coba cek dulu perbandingan harga yang ditawarkan oleh beberapa pihak penyedia jasa. Biasanya, biaya yang dikenakan untuk pengiriman sepeda motor relatif agak mahal, jadi ada baiknya untuk memilih harga yang sesuai kantong.

Pastikan juga harga yang ditawarkan oleh pihak agen sudah termasuk biaya packing, serta apakah ada asuransi untuk motor agar tidak ada kerugianjika mengalami kerusakan saat diperjalanan.

Lepas beberapa perlengkapan motor

Biasaya kondisi gerbong untuk mengirimkan motor suhunya bisa panas. Jadi untuk mengantisipasi kerusakan, copot beberapa part motor, seperti spion, Accu, juga ECU (Electronic Control Unit) untuk motor injeksi agar tidak ada masalah mesin akibat suhu panas di dalam gerbong kereta.

Kosongkan bahan bakar.

Biasanya ini sebagai prosedur pengiriman oleh setiap jasa ekspedisi, pengosongan tangki bensin bertujuan agar menghindari terjadinya kebocoran bahan bakar saat pengiriman berlangsung, bradsis.

Awasi proses packing.

Kalian bisa request kepada petugas untuk dapat menyaksikan proses packing. Tujuannya agar loe bisa melayangkan keluhan kalau ada bagian yang dirasa belum cukup terlindugi. Proses packing biasanya menggunakan karton yang akan menutupi bagian body motor Anda lalu keseluruhan body atas motor akan diselimuti oleh karung plastik sebelum akhirnya diikat.

Ambil beberapa foto sebelum motor dikirim

Ini merupakan patokan atau bukti kondisi motor brader and sista sebelum dikirim. Kalau bisa foto sebelum dan saat motor dipacking, ambil beberapa angle foto, lalu jika kalian belum tiba di tujuan, foto tersebut bisa dikirim ke orang rumah yang akan menerima motor untuk mengecek kondisi motor apakah tidak ada kejanggalan, lecet-lecet atau tidak.

Minta Resi pengiriman.

Biasanya setelah semua proses packing sudah diawasi, saatnya kalian menyerahkan kunci motor dan STNK kepada petugas. Tapi jangan sampai lupa untuk meminta nomor resi agar dapat memantau perjalanan motor selama di kereta. Nomor resi juga berguna untuk melakukan keluhan kepada pihak penyedia jasa apabila motor tersebut belum sampai pada waktu yang sudah dijanjikan sebelumnya.

Semoga bermanfaat, bradsis. Selamat bersilahturahmi dengan keluarga dikampung sambil wara-wiri menikmati lokasi wisata favorit dengan motor kesayangan..

Text: Ichsan (ixzancuy@gmail.com),
Photo: liputan6
  165 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !