Dua Srikandi Indonesia Turun di Asia Cross Country Rally 2018
FDR Tire
SSS chain
Corsa Ekonomis
SPORT LAINNYA
08
Ags
2018

Dua Srikandi Indonesia Turun di Asia Cross Country Rally 2018

  1237   0
Ayu (kiri) Rudy Poa (tengah), Irma (kanan)
Ayu (kiri) Rudy Poa (tengah), Irma (kanan)
bersama sponsor JNE dan Furukawa Battery
bersama sponsor JNE dan Furukawa Battery
bersama tim rally roda empat Indonesia
bersama tim rally roda empat Indonesia

JAKARTA, ME. Jelang Asia Cross Country Rally 2018 yang akan berlangsung pada 12-18 agustus 2018 yang melintasi Thailand hingga Kamboja, tim JNE-Furukawa Battery Indonesia tahun ini turun dengan formasi baru yang mengandalkan dua Srikandi atau crosser wanita andalannya, yaitu Ayu Windari dan Irma Ferdiana, bradsis.

Ini merupakan debut perdana bagi kedua gadis cantik tersebut karena dibukannya kelas rally wanita yang tahun sebelumnya hanya merupakan kelas eksebisi saja. Hadirnya Ayu dan Irma tersebut akhirnya membuat Rudy Poa yang sebelumnya turun balap di Asia Cross Country Rally ini akhirnya mengemban tugas baru sebagai Team Manager di JNE-Furukawa Battery Indonesia.

Dipilihnya dua Srikandi asal Jember, Jawa Timur ini karena mereka merupakan crosser wanita tangguh yang biasa terjun di olahraga motorsport kategori offroad, adventure, trabasan, dan terakhir juga mengikuti ajang IOX (Indonesia Offroad Expedition) selama 15 hari dari Kendari menuju Makassar pada tahun 2017 lalu, bradsis.

“Sebelumnya saya ada ide untuk membawa peserta wanita ini sejak tahun lalu, karena tahun-tahun sebelumnya hanya kelas eksebisi saja. Jadi setelah dapat informasi crosser wanita dari Thailand dan Jepang akan ikutan tahun ini dan juga kelas eksibisi wanita tersebut menjadi kelas official, jadi kita ajak Irma dan Ayu untuk ikut Asia Cross Country Rally 2018 ini,” ujar Rudy Poa, selaku Team Manager, saat presscon di Jakarta (7/8).

“Saya pilih keduanya karena saya lihat performa mereka cukup tangguh meskipun karakternya berbeda. Ayu lebih lincah, dan Irma fisiknya lebih kuat, jadi saya optimis didebut perdana mereka pada kelas women ini bisa tembus 3 besar,”jelasnya.

Karena baru pertama kali mengikuti kejuaraan rally yang menempuh jarak sejau 2400km, segala persiapan baik fisik juga cara membaca navigasi yang menggunakan peta tulip sudah mereka lakukan di Bali dengan mentor Kadek Ramayadi, yang juga merupakan pembalap rally Indonesia tahun lalu bersama Rudy Poa, bradsis.

“Persiapannya untuk fisik kita terus tambah durasinya, dan selama satu minggu di Bali kita fokus untuk latihan navigasi. Memang ternyata susah sekali baca navigasi, apa lagi kita dituntut sambil riding dengan kecepatan maksimal, ternyata harus fokus agar tidak salah yang nantinya bisa membuat kita tersesat,” ungkap Ayu.

“Untuk balap nanti saya dan Irma juga saling berkompetisi tentu kita sudah ada strategi agar berjalan lancar hingga finish. Intinya kita harus mematuhi peraturan yang ada di roadbook agar tidak kena penalty pengurangan poin, dan kita optimis bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Irma yang optimis menghadapi Asia Cross Country Rally 2018, “Untuk baca peta tulip kita sudah cukup lancar, justru mungkin lebih sulit disaat kita latihan, karena banyak jalan sempit dan lorong-lorong. Sedangkan di Thailand,mungkin peta yang dibuat minimal mobil bisa masuk, jadi saya sangat optimis,” pungkas Irma.

Text: Ichsan (ixzancuy@gmail.com),
Photo: Ichsan
  28 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !