Bensin Sering Mampet Ternyata Ini Masalahnya
FDR Tire
SSS chain
Corsa Ekonomis
PERAWATAN
18
Ags
2018

Bensin Sering Mampet Ternyata Ini Masalahnya

  70148   0
Bensin Sering Mampet Ternyata Ini Masalahnya
Bensin Sering Mampet Ternyata Ini Masalahnya
Bensin Sering Mampet Ternyata Ini Masalahnya
Bensin Sering Mampet Ternyata Ini Masalahnya
Bensin Sering Mampet Ternyata Ini Masalahnya
Bensin Sering Mampet Ternyata Ini Masalahnya
Bensin Sering Mampet Ternyata Ini Masalahnya
Bensin Sering Mampet Ternyata Ini Masalahnya

TANGERANG, ME. Udah beberapa hari ini Chandra kerap mengalami masalah pada motor kesayangannya, Suzuki Smash, bradsis. Menurut pengakuannya, motor kadang lancar dan terkadang mogok secara tiba-tiba. Setelah ditelusuri masalahnya bensin sering mampet, dan ternyata ini masalahnya.

Problem kayak gini, sih, emang sering banget kejadian. Tapi, satu masalah ini bisa berbeda-beda versi pokok masalahnya, bradsis. Entah itu memang karburatornya atau lainnya. "Kalo lagi ngadat, tarikan motor ngempos gitu aja," cetus Chandra.

Masalah ini jelas bikin pekerja sebagai wartawan ini dongkol. Pasalnya, doi ngaku udah dua kali masuk bengkel, tapi masalah enggak terpecahkan. "Terakhir kali, bensin tiba-tiba banjir dari karburator ngucur. Sempat panik karena waktu itu buru-buru ngejar waktu ke kampus," sambungnya.

Setelah dicek-cek, karburator sama sekali enggak ada masalah juga. Chandra mengaku curiga dengan aliran bahan bakarnya yang bermasalah. "Di saat mogok, gue coba cabut selang bensin. Dan bener aja, enggak ngucur. Gue ngira, pasti ini masalahnya tangki bensin kotor," jelasnya.

Namun, enggak berhenti sampai di situ, setelah dibongkar di bengkel Rijaya Motor (RJM), ternyata setelah dikuras habis tangki pun enggak kotor juga, bradsis.

"Cuma ada satu potongan karet berskala kecil yang nyemplung. Tapi ini enggak signifikan banget, meskipun bisa jadi biangnya," ujar Restu, salah satu mekanik dari RJM di kawasan Kp. Dukuh Pinang, Diklat Pemda, Tangerang.

Restu pun bersiasat mencari tahu masalahnya. Enggak butuh lama, ternyata hawa untuk bensin tertutup dari tutup tangki karena karet ganjalan.

"Dan ini dia, karet bikinan untuk pengganjal tutup tangki yang berlebihan. Hawa dari luar jadi enggak masuk untuk mendorong aliran bensin. Pantas aja aliran bensi jadi tersendat-sendat. Karet kayak gini murah padahal, cuma Rp 5 ribuan, tapi saking kreatifnya jadi rugi bandar," tukas Restu.

Oalaahh dalaahhh...

Text: Dimas (dimasmotorexpertz@gmail.com),
Photo: Dimas
  45 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !