KIS Dicabut, Kerja di Toko Perkakas, Hingga Ancaman Pembunuhan, ini Kelanjutan Kasus Fenati
FDR Tire
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTO2 & MOTO3
12
Sep
2018

KIS Dicabut, Kerja di Toko Perkakas, Hingga Ancaman Pembunuhan, ini Kelanjutan Kasus Fenati

  3107   0
KIS Dicabut, Kerja di Toko Perkakas, Hingga Ancaman Pembunuhan, ini Kelanjutan Kasus Fenati
KIS Dicabut, Kerja di Toko Perkakas, Hingga Ancaman Pembunuhan, ini Kelanjutan Kasus Fenati

MISANO, ME. Semuanya berjalan buruk untuk Romano Fenati. Tindakannya saat balapan Moto2 di Misano, Italia, dengan menekan rem depan Stefano Manzi, mendapat reaksi yang luar biasa besar. Setelah Kartu Izin Start (KIS) dicabut, Fenati mengaku akan bekerja di toko perkakas. Lebih parahnya lagi, sampai ada juga netizen yang mengancam nyawa Fenati..
 
Pada hari Minggu (9/9), FIM Panel of Stewards menghukum Fenati dengan larangan balapan sebanyak dua seri. Pada Senin pagi (10/9), dia dipecat dari timnya sendiri, Marinelli Snipers Racing Team. Pada Senin sore, dia juga kehilangan kontrak untuk musim 2019 dengan MV Agusta Forward Racing Team.
 
Hari Selasa (11/9) lebih parah lagi, bradsis. Pertama, Federasi Motor Italia (FMI) mencabut KIS atau lisensi balap Fenati untuk semua ajang balap di Italia. Otomatis, Fenati juga tidak bisa mengikuti ajang balap internasional. Pasalnya, lisensi balap internasional juga dikeluarkan oleh federasi nasional, yang dalam kasus Fenati adalah FMI. Lalu, Fenati akan menjalani sidang pada 14 September, dimana dia akan memiliki hak untuk didampingi oleh seorang pengacara.
 
Kemudian, FIM, federasi sepeda motor internasional, memanggil Fenati ke markas FIM di Jenewa, Swiss, untuk menjelaskan tindakannya. Dalam siaran pers, Presiden FIM Vito Ippolito memanggil Fenati ke FIM untuk mendengarkan dari sudut pandang Fenati, sebelum mempertimbangkan tindakan lebih lanjut terhadapnya.
 
Ini tampaknya di luar jalannya peristiwa normal untuk proses disipliner. Fenati dapat dirujuk langsung ke pengadilan tertinggi FIM Pengadilan Disiplin Internasional (CDI). Jika mengeluarkan penalti oleh CDI, Fenati akan memiliki dua jalan lagi untuk banding.
 
Kepada koran Italia, Il Resto Del Carlino, Fenati mengaku akan menyelesaikan pendidkannya, dan bekerja di toko perkakas milik kakeknya. Meski mengaku bersalah, Fenati juga menegaskan bahwa tidak ada niatan untuk menciderai Stefano Manzi.
 
Fenati juga telah menerima ancaman pembunuhan sejak insiden itu. Di jaman sekarang yang mudah viral ini, liputan pemberitaan tentang Fenati memang luar biasa, bradsis.
 
Apapun hasil dari dengar pendapat FIM, karir balap Fenati dipastikan akan berhenti minimal satu tahun dan yang terparah bisa saja selamanya.

Text: Donny (donnyantoro@gmail.com),
Photo: motogp.com
  41 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !