Ini Akibatnya Pasang Busi Racing di Motor Harian
FDR Tire
SSS chain
Corsa Ekonomis
KNOWLEDGE
19
Sep
2018

Ini Akibatnya Pasang Busi Racing di Motor Harian

  2205   0
Ini Akibatnya Pasang Busi Racing di Motor Harian
Ini Akibatnya Pasang Busi Racing di Motor Harian

JAKARTA, ME. Busi NGK terbukti kualitasnya hingga dipakai banyak tim balap dunia, termasuk tim balap pabrikan yang ada di MotoGP. Busi yang berkualitas tinggi memang mampu membuat kinerja mesin lebih optimal. Namun, bukan berarti busi racing bisa bikin mesin motor harian jadi lebih optimal, bradsis..
 
Banyak sekali brad n sist yang bertanya, apakah busi racing NGK bisa dipakai untuk motor harian? Atau, apakah mungkin untuk meningkatkan kinerja mesin hanya dengan mengandalkan busi balap?
 
Jawabannya, tentu saja tidak! "Busi yang digunakan di lintasan balap telah didesain dan dirancang secara khusus untuk aplikasi mesin yang berjalan pada kecepatan yang jauh lebih tinggi dan beroperasi dengan kompresi yang sangat tinggi dengan suhu, getaran, dan pembakaran yang melampaui kondisi di dalam mesin biasa," terang Diko Oktaviano, selaku Technical Support PT NGK Busi Indonesia.
 
Oleh karena itu, menggunakan busi khusus balap di kendaraan harian bukanlah ide yang baik. Dengan karakteristik busi balap yang didesain untuk penggunaan yang sangat ekstrim, dalam penggunaan pada mesin biasa dapat menyebabkan beberapa permasalahan seperti deposit karbon berlebih hingga misfiring. Hal tersebut dapat diperburuk apabila mesin sering digunakan untuk jarak dekat dengan ritme stop & go.
 
Namun, ada cara alternatif untuk meningkatkan kinerja mesin yang cocok untuk penggunaan harian. Busi Iridium IX dari NGK menggunakan teknologi balap yang sesuai untuk semua orang, bradsis.
 
Sama seperti kebanyakan busi balap terbaru NGK, ujung elektroda pusatnya terbuat dari logam mulia Iridium, yang memiliki titik leleh yang tinggi dan konduktivitas listrik yang luar biasa. Elektroda pusat busi Iridium IX berdiameter 0.6 mm yang mampu menciptakan percikan listrik lebih fokus untuk menghasilkan efek pertumbuhan api yang cepat membesar sehingga menghasilkan ledakan energi yang lebih tinggi.
 
Hal yang dapat dirasakan secara instan setelah penggunaan NGK Iridium IX adalah respon akselerasi yang semakin spontan dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dibandingkan dengan jenis elektroda standar.

Text: Donny (donnyantoro@gmail.com),
Photo: Donnyantoro
  23 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !