Penggantian Plat Nomor Putih Masih Wacana, Tahun 2019 Juga Masih Sama
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-UPDATE
26
Des
2018

Penggantian Plat Nomor Putih Masih Wacana, Tahun 2019 Juga Masih Sama

  15514   0
Penggantian Plat Nomor Putih Masih Wacana, Tahun 2019 Juga Masih Sama
Penggantian Plat Nomor Putih Masih Wacana, Tahun 2019 Juga Masih Sama

JAKARTA, ME. Sempat beredar rumor beberapa waktu lalu bahwa pihak kepolisian ingin mengganti warna plat nomor polisi pada kendaraan. Warna dasar yang tadinya hitam dengan tulisan putih, akan dibalik menjadi warna dasar putih dengan tulisan hitam. Namun, sejauh ini rumor tersebut masih menjadi wacana, bradsis..
 
Penggantian warna plat nomor ini dimaksudkan agar plat nomor dapat terbaca dan terlihat jelas di kamera CCTV. Pengoptimalan ini dilakukan seraya digalakannya sistem Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau tilang elektronik.
 
“Penggantian warna plat  nomor itu baru wacana saja, belum kami rencanakan. Kita lihat nanti hasil kameranya (CCTV) seperti apa. Kalau memang hasil rekaman kamera dengan dasar plat hitam tetap baik dengan kamera yang juga berkualitas tinggi, saya rasa itu cukup,” ujar Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri, saat ditemui di acara Indonesia Road Safety Awards (IRSA) 2018 beberapa waktu lalu.
 
Refdi juga menambahkan, pihak kepolisian masih akan mempelajari hal tersebut. "Tidak dalam waktu dekat ini. Tahun depan juga belum diterapkan," sambungnya.
 
Terkait tilang elektronik, pihak kepolisian pun tengah melakukan evaluasi. Terhitung sejak awal November lalu, dua ruas jalan di Jakarta yakni Sudirman dan MH Thamrin telah menerapkan sistem E-TLE ini. Sistem tersebut dibantu oleh kamera pengawas yang ditempatkan di beberapa titik.
 
Jika ada pengendara yang terbukti melanggar maka surat tilang akan langsung dilayangkan ke alamat sesuai yang tertera di STNK. Namun sejauh ini evaluasi mengatakan bahwa kendaraan yang sudah berpindah kepemilikan menjadi batu hambatan bagi polisi untuk melakukan pelacakan pengendara yang melanggar.

Text: Donny (donnyantoro@gmail.com),
Photo: borneonews
  117 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !