Tips Berkendara Di Saat Puasa Ala Bikers Cerdas
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-TIPS
08
Mei
2019

Tips Berkendara Di Saat Puasa Ala Bikers Cerdas

  1448   0
Tips Berkendara Di Saat Puasa Ala Bikers Cerdas
Tips Berkendara Di Saat Puasa Ala Bikers Cerdas

JAKARTA, ME. Tahun ini kita kembali bertemu dengan bulan suci Ramadhan. Bagi brader and sista yang menjalani ibadah puasa, gak akan jadi hambatan buat beraktivitas berkendara dong? Nah biar Puasa kita nanti jadi lebih afdol, gak hanya menahan lapar dan haus, kesabaran juga emosi mesti dijaga nih bradsis.

Sebagai bikers tentunya selain harus punya kondisi yang prima, juga rasa sabar yang tinggi nih bradsis. Karena kita bakalan menghadapi sengatan matahari, kemacetan, ditambah lagi kalo bertemu pengendara lain yang bikin emosi, gak mau puasa kita batal dong. Nah biar kita bisa jalani bulan puasa besok dengan penuh ikhlas juga rasa sabar.

Ini ada beberapa tips andalan berkendara di saat berpuasa ala bikers, yang mungkin bisa disimak baik-baik..

Perhatikan kondisi Motor

Cek selalu kondisi motor loe nih bradsis, biar gak ada masalah saat berkendaram terutama di siang hari, karena jika motor bermasalah, bisa bikin stres, jengkel dan emosi. Ujung-ujungnya, malah memicu batalnya puasa. Nah sebelum masuk bulan puasa, waktunya dicek di bengkel langganan loe deh, mulai dari sekarang. Gak lucu juga kan, motor mogok saat matahari bersinar dengan cerianya dan loe harus dorong motor ke bengkel? 

Jaga Kondisi Tubuh

Bagaimana biar tubuh kita tetap fit dan prima saat berpuasa, ya dengan cara istirahat yang cukup, jangan tidur terlalu larut, karena kita juga harus bangun di waktu sahur nih bradsis. Kalau kurang tidur, bisa mengakibatkan kondisi tubuh kita lemas dan jadi terganggu aktifitas kita terutama saat berkendara jadi kurang fokus.

Minum Vitamin atau Suplemen

Selain makan makanan yang berenergi yang mengandung cukup protein, karbohidrat, tubuh kita juga membutuhkan konsumsi cairan yang cukup nih, bradsis. Dan biar tambah energi minumlah Vitamin atau Suplemen yang tentunya juga dengan anjuran dokter, dong.

Gunakan Safety Gears yang Tepat

Sebagai motorexpertiz, elo tentu tahu dong kelengkapan yang aman untuk berkendara. Selain helm, sepatu, sarung tangan, juga jaket. Nah, jaket juga bisa memicu batalnya puasa nih bradsis. Lho? Gini maksudnya, bradsis. Jaket yang kelewat tebel misalnya, akan memicu pengendara keluar keringat berlebihan atau dehidrasi, kan? Buntut-buntutnya, akan bikin haus dan lemas, karena tubuh kurang cairan. Jadi,  sebaiknya gunakan jaket yang tidak terlalu tebal yang bisa meminimalisir keluarnya keringat ketika berkendara  terkena sengatan matahari. Dan hindari penggunaan jaket berwarna hitam, karena warna hitam bisa dibilang akan menyerap panas yang berlebih.

Nah selain tips di atas, tentu kita juga gak harus bermalas-malasan dong bradsis. Jadi sering-sering deh, lakukan perenggangan otot (stretching) pada pagi hari, dan juga saat siang hari harus pintar-pintar deh pilih tempat teduh saat di persimpangan lampu merah, biar adem maksudnya bradsis.

Semoga bermanfaat tips dari ME ini. Tetap semangat dan safety ride saat berkendara ya..

Text: ichsan (ixzancuy@gmail.com),
Photo: dok ME
  23 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !