Tekanan Angin Tepat, Berkendara Tetap Nikmat!
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-ADVERTORIAL
03
Jun
2019

Tekanan Angin Tepat, Berkendara Tetap Nikmat!

  1386   0
Tekanan Angin Ban Motor
Tekanan Angin Ban Motor
Pahami Konstruksi Ban Motor
Pahami Konstruksi Ban Motor

Tangerang, ME, Ban pada kendaraan, tentu sangat penting, bradsis. Makanya, fungsi peranti ini harus tetap maksimal, demi menjaga keaman dan kenyamanan saat berkendara. Tapi sayangnya, masih banyak motormania yang mengabaikan perawatan si karet bundar hitam ini. Baru panik, ketika mulai bermasalah. Salah satu hal yang sering ‘dicuekin’ adalah soal tekanan angin pada ban. Padahal, kalau salah tekanan, bisa bikin repot juga.  Untuk itu, sebelum terjadi hal yang tak diinginkan, ada baiknya ikuti patokan tekanan angin ban sesuai anjuran.

Skutik Vs Bebek Vs Sport

Kedengerannya sepele ya bradsis? Tapi jangan salah! Perkara tekanan angin ini, justru akan berbuntut panjang. Gak cuma bikin umur pakai ban jadi pendek, akibat gak peduli sama tekanan angin pada ban, akan mengundang petaka hingga mengganggu kenyamanan. “Bawa motor saat bannya agak kempes, justu bikin pengendalian gak stabil,” pengakuan Imran, pengguna Yamaha Mio keluaran 2016 yang sempet punya pengalaman buruk saat berkendara dengan ban agak kempis.   

Jadi, biar umur pakai ban juga lebih panjang, gak ada salahnya ngikutin ajuran tekanan angin ban sebagai patokan aman. Yakni, buat ban motor matik atau skutik, tekanan yang disarankan adalah 28 psi untuk ban depan ketika motor lebih banyak dipakai sendirian. Tapi kalau sering membawa boncengan atau bawa barang berat, tekanan bisa dibuat 30 psi. Nah, untuk ban belakangnya, saat sendirian bisa diseting tekanan pada 31 psi, sedangkan untuk bawa boncengers, ada di angka 33 psi.

Bagaimana untuk motor bebek? Tekanan anginnya juga punya patokan yang bisa diikuti dan sedikit berbeda dibanding ban skutik. Misal, untuk roda depan saat motor keseringan dipakai buat sendirian adalah 29 psi, sementara kalo rajin bawa beban berat tau pembonceng, silakan diberi angin bertekanan 30 psi. Gitu juga untuk roda belakang, setelannya harus pas. Yaitu, 31 psi saat sendirian dan 33 psi untuk bawa boncengan.

Beda lagi untuk motor berjenis sport atau biasa disebut motor batangan, bradsis. Tekanan angin bannya ada di rentang 32 psi hingga 34 untuk bagian depan. Sedangkan pada bagian belakang 39 psi sampai 41 psi. “Itu angka aman untuk tekanan angin bannya. Tinggal sesuaikan saat sendiri atau bawa boncengan. Jadi kalau tekanannya kurang, sebaiknya ditambah,” anjur Ade Herdian, mekanik bengkel umum di kawasan Tangerang Kota.

  

Text: Advertorial,
Text editor: Acip S,
Photo: Dok ME, Corsa
  45 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !