5 Hal Yang Perlu Loe Ketahui Tentang Honda Genio. No 4 Benar-benar Baru
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-REVIEW
23
Jun
2019

5 Hal Yang Perlu Loe Ketahui Tentang Honda Genio. No 4 Benar-benar Baru

  6550   0
Honda Genio 110
Honda Genio 110
Rangka Honda Genio
Rangka Honda Genio
Bagasi Honda Genio
Bagasi Honda Genio

JAKARTA, ME. PT. Astra Honda Motor baru saja meluncurkan varian skutik terbaru mereka, yang diberi nama Honda Genio. Skutik ini mengusung model yang fashionable dan juga stylish, yang memang di peruntukan untuk generasi milenial.

Honda Genio ini memiliki kubikasi mesin sebesar 110cc. Tapi ternyata skutik baru ini memiliki banyak perbedaan dengan generasi skutik Honda di kelas 110cc lainnya. Nah apa sajakah yang membedakan Genio dengan generasi skutik Honda lainnya ?

Pertama, velg yang digunakan oleh Honda Genio. Velg skutik terbaru ini menggunakan velg 14 inci, namun menggunakan velg dengan model palang Y. Berbeda sekali dengan milik Honda Beat 110 series, ataupun Honda Scoopy.

Kedua, Genio memiliki bagasi yang lebih besar dari Honda Beat series. Luas bagasinya mencapai 14 liter, dan sudah di bekali dengan soket charger 12 volt pada bagian dinding bagasinya.

Ketiga, skutik ini sudah menggunakan sasis terbaru yang dinamakan eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Berkat frame terbarunya ini, Genio dapat mengadopsi bagasi yang cukup luas.

Dan juga kapasitas tanki bbm yang juga bisa membengkak, hingga dapat menampung hingga 4,2 liter. Lebih banyak ketimbang Beat Series ataupun Scoopy.

Keempat, Genio sudah dibekali dengan mesin generasi baru. Mesin baru ini memiliki ukuran Bore x Stroke sebesar 47,0 x 63,1 mm, berbeda sekali dengan generasi skutik Honda lainnya di kelas 110cc lainnya. Sedangkan pada generasi Vario 110, Beat hingga Scoopy meiliki ukuran Bore x Stroke sebesar 50 x 55,1 mm.

Bukan hanya Bore x Strokenya saja bradsis, tetapi mulai piston, Cranksaft hingga lilitan maghnet ACG nya pun terlihat berbeda. Dengan ukuran Stroke yang lebih besar dari generasi sebelumnya, maka di pastikan motor ini memiliki torsi yang lebih tinggi ketimbang generasi awal.

Kelima, dengan di aplikasikannya mesin generasi terbaru. Menurut klaim pabrikan, mesin ini dapat membuat pembakaran yang lebih efisien. Atau dengan kata lain, akan lebih hemat bahan bakar.

Bahkan bisa menempuh jarak 59 km/liter. Genio juga memiliki kompresi yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya, yaitu 10:1. Sedangkan untuk generasi sebelumnya hanya berada di angka 9,5:1.

Text: Andika,
Text editor: M. Ichsan,
Photo: Andika MotorExpertz
  112 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !