Corsa MT Cross X Vs MT Cross R
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-ADVERTORIAL
01
Jul
2019

Corsa MT Cross X Vs MT Cross R

  2266   0
Ban Corsa MT Cross-R
Ban Corsa MT Cross-R
Ban Corsa MT Cross-X
Ban Corsa MT Cross-X

Tangerang, ME, Selain memproduksi ban on road, PT Multistrada Arah Sarana Tbk, produsen ban Corsa juga merilis ban off-road alias ban motorcross. Yakni Corsa MT Cross X dan MT Cross R yang dibanderol dari Rp 300-500 ribu. Hanya beda huruf X dan R. Tapi banyak pencinta motor penggaruk tanah yang bertanya-tanya. Apa sih, bedanya? Nah, biar kenal lebih dekat, berikut ini 3 hal yang membedakan kedua ban tersebut, bradsis.

Harian atau Ekstrem

Sekilas, yang tampak antara Corsa MT Cross X dan MT Cross R memang mirip, bradsis. Apalagi keduanya memang diformulasi untuk dipakai pada motor trail. Namun, jika dicermati, akan terlihat perbedaanya mendasar. Karena meski serupa, sebenarnya dua ban itu punya spesifikasi dan peruntukan yang agak berbeda.

Contoh dari segi kembangan. Pada ban Corsa MT Cross X, kotak-kotak pada permukaan ban justru membentuk pola X. Selain itu, alurnya juga tidak tersebar, Tipe ini sangat cocok untuk trail harian alias motor trail yang dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Umumnya sih, diandalkan saat di perkebunan pada medan yang cukup berat.

Sementara untuk tipe MT Cross R, kembangan ‘tahunya’ didesain agak menyebar, selain itu dilengkapi kotak-kotak pada bagian tengah permukaan ban. Ini dimaksudkan agar daya traksi di trek yang lebih berat tetap maksimal. Wajar jika produk ini banyak diandalkan di ajang lomba motocros yang memang spesifikasi mesin motor trailnya memiliki power besar.

Berikutnya, beda antara MT Cross X dan MT Cross R, ada pada bahan pembuatan ban itu sendiri, terutama dari segi compoud. Untuk tipe yang disebut pertama, menggunakan compound yang lebih keras, namun elastis. Selain maksimal meredam benturan, juga daya traksi yang dihasilkan pada medan jalan berlumpur sangat mumpuni.

Berbanding terbalik dengan Corsa MT Cross X, diformulasi dengan compound yang lebih ‘empuk’ atau lembut alias soft. Karakter ini, justru memiliki kemampuan mencengkeram permukaan track lebih maksimal, juga meningkatkan traksi. Alhasil, diandalkan pada berbagai medan, Corsa MT Cross X tetap yahud.

Terakhir, yang membedakan kedua ban motor trail racikan PT MASA ini adalah pada dindingnya. Pada tipe Cross X, dinding dirancang lebih keras jika dibanding Cross R. Namun, keduanya sama-sama menyuguhkan elastisitas yang baik. Alhasil, saat diandalkan pada meda off-road tetap menghasilkan kinerja yang sempurna dan memberi kenyamanan pada offroader.

Hanya saja, untuk tipe Cross R, faktor kekokohan dinding atau side wall lebih sempurna.  Artinya, ban ini mampu melepaskan energi benturan secara perlahan sehingga daya redamnya jauh lebih mantap. Sehingga pengendaraan menjadi semakin nyaman saat melintasi medan ekstrem atau ketika mendarat.

 

Text: Advertorial,
Text editor: Acip S,
Photo: Dok ME
  72 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !