Ini Wujud Yamaha YZF-R1 dan R1M Versi Tahun 2020
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-REVIEW
16
Jul
2019

Ini Wujud Yamaha YZF-R1 dan R1M Versi Tahun 2020

  4564   0
Yamaha YZF-R1 dan R1 M Baru
Yamaha YZF-R1 dan R1 M Baru
Yamaha YZF R1 Versi 2020
Yamaha YZF R1 Versi 2020

AMERIKA SERIKAT, ME. Bradsis, bertepatan dengan even World SBK di Amerika Serikat. Tepatnya di sirkuit Laguna Seca, Yamaha secara resmi meluncurkan model terbaru dari YZF-R1 dan juga R1 M untuk model tahun 2020.

Secara fisik memang tidak banyak nampak perubahan, namun Yamaha memberikan update di beberapa bagian motor. Seperti peningkatan performa motor, mesin Crossplane 4 siliner mendapatkan refisi di beberapa bagian. Piranti electronik terbaru, serta refisi di bagian fairing guna mendapatkan aerodinamika yang lebih baik.

Untuk versi 2020 ini, Yamaha menyematkan mesin CP4 terbaru yang merupakan penyempurnaan dari mesin lawas. Meskipun masih menggunakan platform mesin Crossplane 90 derajat, namun Yamaha telah menyempurnakan beberapa part yang terdapat pada mesin Crossplane yang selama ini menjadi cirikhas dari Yamaha bradsis.

Penggunaan cylinder head dengan model finger - follower rocker-arm dengan Valve Actuation, camsaft terbaru serta penggunaan per klep dengan bobot yang jauh lebih ringan.

Meskipun YZF-R1 dan R1 M sama sama mendapatkan update untuk versi 2020, namun teteap terdapat perbedaan di antara keduanya. Untuk R1 M Yamaha membekalinya dengan part part yang tergolong eksotis, seperti mesin yang sudah menggunakan bahan titanium. Lalu cover mesin bagian luar yang sudah menggunakan bahan magnesium, serta baut baut pada Yamaha YZF-R1 M sudah terbuat dari aluminium. Part part tersebut bradsis, tidak didapatkan pada Yamaha YZF-R1 varian standar.

Yamaha mengklaim, bahwa mesin terbaru ini sanggup memuntahkan tenaga hingga 200 hp. Pabrikan asal Jepang ini juga menyematkan sistem Throttle  Ride By Wire guna meningkatkan kontrol pada motor, juga sistem APSG ( Accelerator Position Sensor Grip ).

Yamaha juga menyematkan Six-Axis Inertial Measurement Unit ( IMU ) terbaru, traction control juga paket elektronik ABS yang langsung dapat menilai kecepatan roda secara real time. Penggunaan tekhnologi New Brake Control (BC), pada generasi terbaru ini rider dapat memilih mode pengereman.

Untuk bagian suspensi nih bradsis, Yamaha menggunakan suspensi dari Ohlins NNPX. Rider dapat mengatur tekanan supensinya melalui Yamaha Ride Control (YRC), cukup mendownloadnya melalui mobile phone dan dapat mengaturnya melalui smartphone.

Untuk harga, versi terbaru dari YZF-R1 ini memiliki harga yang lebih mahal dari versi terdahulu. Untuk YZF-R1 dibandrol dengan harga 17.399 dollar Amerika, atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 250 jutaan off the road.

Lalu untuk YZF-R1 M dibandrol dengan harga 26.099 dollar Amerika atau jika dirupiahkan menjadi Rp. 365 jutaan off the road, jadi bisa dibayangkan jika masuk ke Indonesia harganya mungkin melambung bradsis.

Text: andika,
Text editor: M. Ichsan,
Photo: Yamaha
  36 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !